ITB Terima Kunjungan KMITL Thailand: Langkah Nyata Perkuat Kolaborasi Penelitian Internasional

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima kunjungan dari perguruan tinggi Thailand, King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang (KMITL), di Rapim A, Gedung Rektorat, Kota Bandung, Kamis (16/5/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama penelitian dan mobilitas internasional mahasiswa dari kedua belah pihak.

Agenda ini dihadiri oleh Sekretaris Institut ITB, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, Kepala Biro Kemitraan ITB, Prof. Dr. Taufiq Hidayat, Kepala Bagian Urusan Kolaborasi Internasional, Andika Putra Pratama, M.S.M., Ph.D. perwakilan FSRD, Harifa Ali Albar Siregar, S.Sos., M.Ds., perwakilan FMIPA, Ade Danova, S.Si., M.Si, Ph.D., dan perwakilan FTSL, Prasanti Widyasih Sarli, S.T., M.T., Ph.D.

Sementara itu, perwakilan KMITL terdiri atas Wakil Presiden Urusan Internasional, Pitcha Prasitmeeboon, Ph.D. dan Wakil Presiden Bidang Akademik dan Administrasi Pendidikan, Punnama Siriphannon, Ph.D.

   

Kunjungan ini merupakan aksi nyata dari intensi KMITL untuk memperlebar kerja sama perguruan tinggi di Asia Tenggara, setelah sebelumnya berfokus pada Jepang dan Taiwan. Hal ini karena berdirinya KMITL tidak lepas dari dukungan dari pemerintah Jepang dan banyak tenaga pengajar KMITL berasal dari lulusan perguruan tinggi di Jepang.

Adapun rencana kerja sama KMITL dengan ITB akan berfokus pada pertukaran pelajar jenjang pascasarjana untuk melakukan penelitian di kedua perguruan tinggi, serta KMITL akan memberikan bantuan dana untuk mendukung penelitian yang akan dilakukan. Bantuan yang diberikan mencangkup transportasi, kebutuhan sehari-hari, akomodasi, hingga biaya penelitian.

   

Setelah pertemuan tersebut, kedua belah pihak akan melakukan pertemuan lanjutan untuk pembahasan mengenai skema kerja sama yang akan disepakati.

Reporter: Wildan Zaki M (Manajemen, 2025)


scan for download