ITB Terima 1.634 Calon Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri Termasuk 323 Pemegang KIP-K

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id--Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.634 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021. Jumlah tersebut adalah 6,4% dari 25642 peminat ITB melalui SM-ITB. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai hari Selasa, 29 Juni 2021, pukul 17.00 WIB, melalui laman https://sm.admission.itb.ac.id.

Berbeda dengan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN, di mana calon mahasiswa memilih fakultas/sekolah yang ada di ITB, pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), calon mahasiswa langsung memilih program studi yang diminatinya. Berdasarkan hasil seleksi, program studi yang paling banyak menerima calon mahasiswa pada pelaksanaan SM-ITB 2021 adalah Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.

Fakultas/sekolah dengan rasio keketatan penerimaan tertinggi adalah Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), sementara Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) merupakan fakultas/sekolah dengan rasio keketatan terendah.

Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2021 berasal dari 33 provinsi di Indonesia. ITB mengharapkan dapat memiliki mahasiswa dari seluruh wilayah Tanah Air sebagai bagian usaha untuk meningkatkan kualitas SDM di seluruh Indonesia. Secara keseluruhan mahasiswa baru ITB jalur Seleksi Mandiri ITB 2021, ada 48% berjenis kelamin wanita.

Jalur Seleksi Mandiri ITB 2021 menjaring sebanyak 323 mahasiswa baru atau 20% dari seluruh mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri ITB 2021, yang memegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah. Hal ini berarti mahasiswa tersebut akan diberikan pembebasan uang kuliah selama menjalankan studi di ITB.

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus Seleksi Mandiri ITB 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 19 – 24 Juli 2021 secara daring. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi.

Seleksi Mandiri ITB tahun 2021 merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru sarjana terakhir untuk program sarjana reguler tahun akademik 2021/2022. Dua jalur lainnya yang telah selesai dilaksanakan adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pada saat ini ITB masih memiliki satu jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana, yaitu program penerimaan kelas internasional. Informasi lebih lanjut mengenai program penerimaan ini dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/.


Kepala Biro Komunikasi dan Humas ITB

Dr. Naomi Haswanto, M.Sn


scan for download