ITB Terima 1.045 Calon Mahasiswa Baru Jalur SM-ITB 2023

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

SIARAN PERS ITB

14 Juli 2023

BANDUNG,- Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1.045 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai Jumat, 14 Juli 2023, pukul 16.00 WIB, melalui https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri. Pengumuman tersebut dapat diakses calon mahasiswa dengan menggunakan username dan password masing-masing peserta.

Berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, mulai 2023 ITB mengadakan Ujian Kemampuan Akademik secara daring bagi seluruh peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Bersama dengan nilai rapor dan nilai UTBK SNBT 2023, hasil Ujian Kemampuan Akademik yang ditempuh peserta SM-ITB tersebut menjadi bagian dari pertimbangan ITB dalam menerima calon mahasiswa. Tentu saja kompetensi akademik tetap menjadi satu-satunya kriteria yang digunakan ITB dalam menerima mahasiswa baru.

Pada penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023, 1.045 orang calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB terdistribusi ke berbagai Fakultas/Sekolah yang tersedia, sesuai dengan pilihan masing-masing calon mahasiswa. Berikut adalah rincian distribusi mahasiswa di Fakultas/Sekolah di ITB.

Fakultas/Sekolah

Terima

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Matematika

25

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) - Ilmu Pengetahuan Alam

15

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) - Sains

9

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) - Rekayasa

42

Sekolah Farmasi (SF)

35

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) - Kampus Ganesa

57

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) - Kampus Ganesa

93

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Komputasi

105

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - Rekayasa

75

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - Kampus Ganesa

105

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - Kampus Jatinangor

29

Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Ganesa

105

Fakultas Teknologi Industri (FTI) - Kampus Jatinangor

22

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

85

Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) - Kampus Ganesa

45

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) - Kampus Ganesa

109

Sekolah Bisnis dan Manajemen

89

Jumlah

1045

Kegiatan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SM-ITB 2023 di ITB akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 18 Juli 2023 secara daring. Calon mahasiswa yang lulus juga akan diminta untuk melakukan pelunasan biaya pendidikan pada tanggal 19 – 22 Juli 2023. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/hasil-seleksi. Calon mahasiswa ITB lulusan SM-ITB 2023 diharapkan untuk membaca dan memperhatikan secara seksama informasi mengenai tata cara dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru di laman tersebut.

Calon mahasiswa yang telah menyelesaikan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru ITB, diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru ITB, serta akan mulai melaksanakan perkuliahan di tanggal 21 Agustus 2023. Jadwal dan informasi mengenai program Penyambutan Mahasiswa Baru ITB, termasuk kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai, dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/pmb.

Seperti pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2023 ITB tetap memberikan dukungan terhadap usaha-usaha peningkatan ketahanan nasional, terutama di bidang-bidang ketahanan industri dasar, ketahanan pangan, ketahanan bencana, dan ketahanan atas perubahan iklim. ITB berpendapat bahwa bidang-bidang ketahanan nasional tersebut merupakan permasalahan global yang akan dihadapi di masa depan. Sebagai bagian dari solusi yang ditawarkan ITB, ditetapkan beberapa program studi tertentu sebagai Program Studi Strategis Nasional, karena bidang kajian di program-program studi tersebut merupakan bidang yang secara langsung mendukung bidang-bidang ketahanan nasional di atas.

Sehubungan dengan hal tersebut, ITB memberikan dukungan bagi peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023 yang dinyatakan diterima di Program Studi Strategis Nasional tersebut. Sedangkan bentuk dukungan bagi peserta SM-ITB 2023 yang diterima di Program Studi Strategis Nasional adalah beasiswa biaya pendidikan di ITB, dalam bentuk pengurangan besaran UKT yang harus dibayarkan mahasiswa.

Pada pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2023, ITB tetap memberikan dukungan dalam rangka pemerataan pembangunan sumber daya manusia di seluruh wilayah Indonesia. ITB menyadari bahwa potensi putra/putri terbaik Indonesia berada di seluruh wilayah Indonesia. Atas dasar pemikiran tersebut, pada pelaksanaan SM-ITB diberikan dukungan dan kesempatan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah-daerah yang memiliki keterbatasan sarana pendidikan karena faktor ekonomi dan geografis, dalam bentuk Program Dukungan Daerah 3T.

Kepada calon mahasiswa peserta SM-ITB yang berasal dari daerah-daerah 3T, ITB memberikan dukungan berupa pembebasan biaya seleksi dan pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang mengikuti Seleksi Mandiri ITB 2023. Selain itu, ITB juga memberikan dukungan berupa bimbingan dan pendampingan akademik seperti tutorial, diskusi, dan belajar berkelompok, serta nonakademik seperti forum berbagi, kunjungan wisata, team building, dan kegiatan lainnya. Saat ini, ITB menerima 6 orang calon mahasiswa melalui Program Dukungan Daerah 3T pada pelaksanaan SM-ITB 2023.

Selain dari pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), juga menyelenggarakan penerimaan mahasiswa program sarjana melalui Program Sarjana-Internasional, atau yang lebih dikenal dengan nama ITB International Undergraduate Program (ITB IUP). Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa program sarjana ITB yang ingin menempuh pendidikan tinggi dengan pengalaman Internasionalisasi, serta ditawarkan baik bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia maupun bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing. Pendaftaran calon peserta ITB International Undergraduate Program (ITB IUP) 2023 saat ini telah memasuki gelombang ke 2, pada tanggal 3 Mei – 16 Juli 2023. Informasi lebih lengkap mengenai program ITB International Undergraduate Program (ITB IUP) dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/international/undergraduate.

Sebagai informasi tambahan, mulai tahun akademik 2023/2024, ITB akan menyelenggarakan Program Tahap Persiapan Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor. Dengan demikian, seluruh mahasiswa baru program sarjana ITB tahun akademik 2023/2024 dari seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa, akan berkegiatan di ITB Kampus Jatinangor. Oleh karena itu, ITB menghimbau agar seluruh calon mahasiswa yang akan atau telah melakukan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru, serta akan mempersiapkan tempat tinggal, dapat selalu mengikuti berita-berita terkini melalui laman https://admission.itb.ac.id atau https://www.itb.ac.id, serta melalui Instagram @akademikitb atau @itb1920.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB
Dr. Naomi Haswanto, S.Sn., M.Sn.


scan for download