ITB Tekno 2011: Pameran Hasil Penelitian Unggulan ITB

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB mengadakan kembali pameran hasil penelitian unggulan yang diberi nama ITB Tekno 2011 pada Sabtu (9/7/11) di Aula Timur ITB. Pameran ini dilaksanakan bertepatan dengan Sidang Umum Peringatan 91 Tahun Pendidikan Teknik Indonesia dan dihadiri oleh Rektor ITB Prof. Akhmaloka, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Ir. M. Hatta Radjasa, Menteri Pendidikan Nasional Prof. Mohammad Nuh, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, serta segenap majelis guru besar ITB. Selain itu pada kesempatan ini dilakukan juga penandantanganan berbagai kerja sama dan penyerahan hibah untuk ITB.

Dalam pameran hasil penelitian ini dipamerkan berbagai hasil penelitian unggulan ITB yang dibagi ke dalam 8 zona:
Infrastruktur, Mitigasi Bencana, dan Kewilayahan, Energi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pangan, Kesehatan dan Obat-obatan, Produk Budaya dan Lingkungan, Teknologi Nano dan Kuantum, Bioteknologi, dan Karya Unggulan Mandiri. Penelitian ini dilakukan oleh berbagai pusat penelitian, fakultas/sekolah di ITB, dan PT Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) ITB.

 

Pameran ini diselenggarakan sebagai sarana sosialisasi karya-karya ITB dengan target pengunjung pameran adalah industri dan masyarakat Indonesia. Dengan adanya pameran ini diharapkan tercipta komunikasi dan kerjasama antara civitas akademika ITB dan Industri menghasilkan karya-karya tepat guna bagi kebutuhan masyarakat. Pameran dilakukan dengan pemanfaatan multimedia untuk mempresentasikan karya, seperti display interaktif menggunakan program komputer serta media tiga dimensi yang mudah diamati.

Sepanjang acara juga dilakukan penandatanganan berbagai beberapa kerja sama, antara lain kerja sama antara SITH ITB yang diwakili oleh Dekan Prof. Tati Syamsudin Subahar dengan beberapa pengusaha ikan dalam pengembangan budidaya ikan hemat air, penyerahan hibah penelitian dari Ikatan Alumni (IA) ITB Pusat kepada ITB, juga penyerahan hibah pendidikan dari Bank Mandiri kepada ITB.


scan for download