ITB Sediakan Ragam Beasiswa untuk Mahasiswa Baru 2023

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Dalam Rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) ITB 2023, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB memberikan materi pada sesi Uang Kuliah Tinggal (UKT) dan Beasiswa. Sesi ini dilaksanakan secara daring pada 2 Agustus 2023 dan ditujukan untuk Calon Mahasiswa Baru ITB Angkatan 2023. Narasumber yang hadir di antaranya Dr. Ir. Anas Ma’ruf, M.T., selaku Direktur Keuangan ITB dan Nenden Rina Ratnakomala, S.T., M.T., selaku Kepala Subdirektorat Beasiswa.

Dalam paparannya, Dr. Anas Ma'ruf menjelaskan perbedaan antara Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP). Ia mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) menetapkan Uang Kuliah Tunggal sebagai tarif kuliah yang berbeda-beda tergantung pada kategori dan jalur penerimaan mahasiswa. Setelah penetapan, Uang Kuliah Tunggal ini menjadi Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) pada sistem informasi akademik ITB.

Memasuki sesi beasiswa, Nenden mengatakan bahwa ITB terus mengupayakan penyediaan beasiswa, baik yang bersumber dari ITB, dana masyarakat, pemerintah pusat maupun daerah. “Harapannya tidak ada mahasiswa yang terkendala dalam kegiatan akademik maupun pengembangan diri karena hambatan biaya,” ujar Nenden.

Terdapat beragam jenis beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa, seperti Beasiswa UKT, Beasiswa Bantuan Biaya Hidup, dan Beasiswa Bantuan Tugas Akhir (TA). Menurut statistik Ditmawa, terdapat 12 mitra beasiswa pemerintah dan 58 mitra beasiswa nonpemerintah pada tahun 2022. Lebih lanjut, pada sesi ini dijelaskan tata cara pendaftaran beasiswa serta persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download