ITB Press Store Resmi Diluncurkan, Emban Misi Tingkatkan Literasi

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

Rektor ITB Prof. Wirahadikusumah, Ph.D., meresmikan ITB Press Store secara simbolis dengan menggunting pita. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

BANDUNG, itb.ac.id – Salah satu unit usaha komersial Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) Institut Teknologi Bandung (ITB), PT ITB Press, mengadakan acara launching ITB Press Store di Gedung Science and Techno Park (STP) ITB, Bandung, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan ini mengundang sejumlah tamu undangan penting, seperti Gubernur Jawa Barat yang diwakilkan oleh Dr. Hening Widiatmoko, M.A, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat; Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., selaku Rektor ITB; Deddy Priatmodjo Koesridartoto, Ph.D., selaku Ketua BPUDL ITB; dan beberapa pihak lain yang berasal dari mitra bisnis ITB Press, penulis buku nasional, dan perwakilan beberapa perguruan tinggi lain seperti UI dan IPB.

PT ITB Press yang memiliki nama lengkap PT Inovasi Teknologi Bermedia Press ini merupakan salah satu bentuk usaha komersial ITB yang telah didirikan sejak tahun 1970-an dan menjadi unit usaha pendukung (UUP) ITB di bawah pengelolaan BPUDL ITB. Namun, sejak 2 tahun lalu, usaha transformasi unit usaha ini mulai dikembangkan agar tujuan meningkatkan produktivitas dan literasi di kalangan mahasiswa dan masyarakat bisa tercapai. Hingga akhirnya, setelah diresmikan status ITB Press menjadi Perseroan Terbatas (PT) oleh BPUDL, acara launching ITB Press Store ini merupakan langkah awal dari cita-cita yang telah dirancang oleh ITB Press.

Dalam sambutannya, Deddy Priatmodjo, Ph.D., selaku Kepala BPUDL ITB, menyampaikan bahwa proses perkembangan unit usaha PT ITB press ini sudah dilakukan sejak 2018 lalu. Namun, akibat kendala pandemi dan tantangan yang lain, upaya ini mulai digarap serius pada waktu kuarter pertama tahun 2021. Saat itu, ia dan tim mulai membuat dan mengembangkan model bisnis terbaik agar bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki ITB Press.

Setelah resmi didirikan terhitung sejak 22 September 2022, PT ITB Press dipimpin oleh Komisaris Edi Wahyu Sri Mulyono dan Direktur Alga Indria. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

”Ketika diberikan mandat untuk mengembangkan aktivitas di ITB Press, saya dan tim mulai memikirkan dengan serius pengembangan bisnis model usaha ini sejak kuarter pertama 2021. Akhirnya, kamis sadar bahwa peluang bisnis ini tidak hanya berfokus pada buku, tetapi juga bisa dikembangkan ke arah yang lain. Tentunya, untuk mencapai tujuan ini kami akan berusaha memaksimalkan peluang yang ada dan banyak bersinergi dengan pihak lain,” kata Deddy.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., mengatakan bahwa berdirinya ITB Press Store ini bisa menjadi ajang kerja sama dan kolaborasi antarperguruan tinggi di Indonesia untuk bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan negara khususnya dalam hal literasi membaca dan menulis di masyarakat sekitar. Ia berharap, dengan lokasi ITB Press Store yang berada di luar kampus ITB bisa semakin mempermudah masyarakat luar untuk merasakan dampak dari adanya unit usaha ini.

”Memang tujuan awal dari pendirian ITB Press Store ini adalah untuk mengakomodasi keperluan mahasiswa ITB. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa masyarakat luar ITB juga bisa dengan mudah merasakan pelayanan dari usaha ini. Harapannya, dengan membangun usaha ini, gerakan literasi masyarakat bisa lebih baik lagi karena itu juga merupakan fokus usaha ini, seperti menerbitkan buku-buku karya masyarakat, buku anak-anak, dan lain-lain,” ucapnya.

ITB Press menyediakan produk-produk seperti buku, diktat kuliah, dan Ganeshirt (merchandise ITB). Foto: Adi Permana/Humas ITB

Setelah sesi sambutan berakhir, acara launching ini dilanjutkan dengan penandatangan MoU kerja sama antara PT ITB Press dengan sejumlah mitra, yaitu PT Reka Inovasi Indonesia, PT. Aktiknas, PT Fujitsu Indonesia, PT. C59, PT Kepala Nusantara, PT Anak-Anak Kreatif Indonesia, PT Asayani Batik, PT Molusca Project, dan PT Engineer Workwear. Adapun akhir dari acara launching ini diisi ini dengan prosesi pembukaan toko ITB Press Store di Gedung lantai 1 STP ITB dengan cara menggunting pita secara simbolis oleh Rektor ITB dan dilanjutkan dengan store tour yang dipimpin oleh jajaran direksi PT ITB Press.

Reporter: Nur Rama Adamas (Teknik Sipil, 2020)


scan for download