ITB, PII, dan IEEE Selenggarakan ICPERE 2016 November Mendatang di Yogyakarta

Oleh Fatimah Larassati

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Energi telah menjadi kebutuhan primer di zaman sekarang. Penyokong rodaperekonomian dan industri negara yang utama salah satunya dari segi ketersediaan energi di negara tersebut. Suatu negara maju jika kebutuhan energi negaranya telah terpenuhi. Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk yang tinggi otomatis diharapkan untuk terus meningkatkan kapasitas penyediaan sumber energi demi pemenuhan maksimal kebutuhan energi nasional.

Permintaan dalam negeri akan sumber energi, terutama listrik, yang melesat tinggi dalam beberapa dekade terakhir membuat pemerintah dan pihak terkait dituntut mengembangkan inovasi, teknologi, serta kebijakan-kebijakan mengenai pemenuhan sumber energi listrik Indonesia. Mulai dari pemanfaatan potensi sumber daya non-fosil hingga pembangunan pembangkit listrik di beberapa daerah untuk mencapai peningkatan elektifikasi telah dilakukan. Akan tetapi, kondisi geografis unik Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau membentang dari ujung barat ke timur menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia dalam mencapai target rasio elektrifikasi nasional.

Menanggapi hal ini, ITB bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) akan menyelenggarakan 3rd IEEE Conference on Power Engineering and Renewable Energy (ICPERE) pada akhir November mendatang di Yogyakarta. Konferensi ini ditujukan untuk menampung ide dan inovasi terkait kelistrikan di ranah energi yang dituangkan melalui jurnal akademik. Topik-topik yang diangkat sangat beragam, mulai dari power generation, transmission, and distribution, electric vehicles, green facilities, dan masih banyak lagi. Batas pengumpulan jurnal hingga 31 Juli 2016 dan jurnal terpilih akan dipublikasikan di IEEE Xplore bahkan di portal publikasi jurnal kelistrikan internasional yakni International Journal on Electrical Engineering and Informatics (IJEEI).



Link terkait:
https://www.icpere2016.org/
https://www.itb.ac.id/agenda/1536.xhtml


scan for download