ITB Peringati HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia dari Kampus Jatinangor

Oleh Adi Permana

Editor Anggun Nindita


JATINANGOR, itb.ac.id--Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan ITB Kampus Jatinangor, Kamis (17/8/2023). Upacara tersebut diikuti seluruh civitas akademika ITB dari mulai jajaran rektor, para wakil rektor, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa baru.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., membacakan amanat pidato dari Mendikbud Ristek. Dalam amanatnya, Rektor menegaskan bahwa betapa pentingnya gerakan Merdeka Belajar dalam dunia pendidikan Indonesia. Gerakan ini telah memberikan keleluasaan dalam belajar dan mengajar bagi para peserta didik serta pendidik, memberikan manfaat yang signifikan bagi anak-anak Indonesia dalam mengembangkan kemampuan dasar mereka.

Selain itu, program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa, memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi bangsa dan negara.

"Perjuangan kita dalam menggerakkan Merdeka Belajar dalam empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia. Untuk terus maju, kita harus terus melaju. Mari melanjutkan semangat para pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar," kata Rektor sembari menutup amanatnya.

Pengibaran Bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera mahasiswa berlangsung dengan khidmat. Sementara itu, Paduan Suara Mahasiswa ITB dan Marching Band Waditra Ganesha ITB turut memeriahkan dengan menyanyikan "Lagu Hari Merdeka".

Pada momen upacara Peringatan Kemerdekaan RI di ITB Kampus Jatinangor, rektor memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30, 20, dan 10 Tahun dari Pemerintah RI dan Penganugerahan Penghargaan Pengabdian 40 Tahun, 35 Tahun, dan 25 Tahun dari ITB.

Selanjutnya, dibacakan pula pengumuman mahasiswa terbaik dalam Sesi Wawasan ITB Batch 1 dan 2, serta pengumuman Apresiasi Penatalaksanaan Rumah Tangga yang Baik antar Unit Kerja di ITB.


scan for download