ITB Mengadakan Open House Unit dalam Rangka Memperkenalkan UKM ITB kepada Mahasiswa Baru 2022

Oleh Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Mengawali perkuliahan, mahasiswa baru ITB angkatan 2022 akan mengikuti serangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Salah satu agenda dalam PMB adalah pengenalan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dalam Open House Unit alias OHU.

Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswa baru secara daring melalui web dan siaran langsung Youtube juga oleh UKM secara luring pada sesi penampilan unit. Kedua metode tersebut diselenggarakan pada 27-28 Agustus 2022.

Pada Sabtu, 27 Agustus 2022, OHU daring digelar dalam bentuk exhibition yakni interaksi antara mahasiswa baru dengan pengurus UKM melalui data terpusat pada situs web secara paralel. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara yakni Firstya Maulida (Kewirausahaan 2023) dan Elios Sanenda Sembiring (Teknik Industri 2021).

“OHU betujuan untuk memberikan wadah untuk berinteraksi langsung dengan UKM-UKM yang ada. Harapannya mahasiswa baru bisa memilih UKM berdasarkan minat dan potensi yang dimiliki,” ujar Manav Hardinata J. N. selaku ketua pelaksana Kaderisasi Awal Terpusat (KAT) ITB 2022 sebagai badan yang membawahi OHU.
Setelah sesi pembukaan usai, mahasiswa baru dapat dengan bebas mengunjungi tautan interaksi UKM lewat situs web. Masing-masing UKM memiliki cara tersendiri untuk mempromosikan kegiatannya. Beberapa di antaranya menggunakan fitur Zoom meeting, gathertown, kumospace, dan lain-lain.

Pada hari berikutnya, OHU dilaksanakan dalam bentuk showcase unit berupa penampilan atau pemaparan dari masing-masing unit. Sesi ini dilaksanakan secara hybrid berupa luring untuk panitia dan perwakilan unit, sedangkan daring untuk mahasiswa 2022. UKM-UKM ada yang menampilkan berupa video dan ada juga yang menampilkan secara langsung di gedung Multipurpose CRCS ITB. Semua UKM yang tampil berkesempatan untuk diwawancarai oleh pembawa acara sebagai ajang promosi kepada calon anggota selanjutnya.

Setidaknya ada enam rumpun UKM di ITB yang mewarnai kegiatan kemahasiswa seperti pendidikan, seni budaya, agama, kajian, olahraga, dan media dari total sekitar 80 UKM di ITB. Semua unit tersebut boleh diikuti oleh semua mahasiswa mengikuti alur penerimaan anggota masing-masing unit. (Informasi daftar UKM lengkap bisa diakses pada https://km.itb.ac.id/ukm/)

Keikutsertaan mahasiswa baru dalam UKM selain bermanfaat untuk menyalurkan hobi, juga bermanfaat untuk menjalin pertemanan lintas fakultas. Proses pertemanan inilah yang bisa mengasah kemampuan interpersonal mahasiswa dari latar belakang jurusan yang berbeda.

“Penampilan dari unit-unitnya keren, walaupun terkadang ada sedikit kendala koneksi,” ucap M. Adyatmoko Suryobhumi (FTMD 2022).

Reporter: Lukman Ali (Teknik Mesin/FTMD, 2020)


scan for download