ITB Meluluskan 2.219 Wisudawan pada Wisuda April 2023

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Sidang Terbuka Wisuda Kedua ITB Tahun Akademik 2022/2023 untuk Program Doktor, Program Magister, Program Sarjana, dan Program Profesi Insinyur di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) pada Sabtu, 8 April 2023.

Sebanyak total 2.219 wisudawan lulus pada Wisuda April 2023 ini. Jumlah tersebut dengan rincian lulusan Program Doktor 74 orang, Program Magister 1.219 orang, Program Profesi Insinyur 255 orang, dan Program Sarjana 671 orang.

Sidang ini diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Bandung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M. Eng. Disampaikan informasi pada periode wisuda kali ini menetapkan nama-nama wisudawan yang berhasil lulus. Terdapat 117 lulusan sarjana, 345 lulusan magister, dan 23 lulusan doktor yang mendapatkan predikat Cumlaude.

Pada wisuda kali ini, peraih IPK tertinggi pada program sarjana adalah Clareta Milena dari Program Studi Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain, dengan IPK 3.97. Pada periode wisuda ini, ITB juga meluluskan wisudawan termuda dari program studi sarjana yakni Bilal Dwi Anugrah dari FTTM yang lulus pada usia 20 tahun 11 bulan.

Wisudawan termuda dari program studi magister diraih oleh Estefania Mayor dari FSRD yang berusia 21 tahun 10 bulan. Kemudian dari program doktor diraih oleh Putu Veri Swastika dari FMIPA yang berusia 26 tahun 4 bulan dan dari program profesi insinyur diraih oleh Suwandi Luhur dari FMIPA yang lulus pada usia 24 tahun 6 bulan.

Hal yang unik pada wisuda kedua ini bertepatan dengan Ramadan bagi umat muslim dan masa suci paskah bagi umat kristiani. Berlangsungnya tanggung jawab ibadah tidak menyurutkan semangat para wisudawan dan kerabat yang hadir menjalankan prosesi wisuda dengan lancar.

Rektor Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph. D. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan. Poin-poin utama yang disampaikan rektor bahwa mendapatkan gelar akademik selaras dengan mendapat tanggung jawabnya dalam melakukan pertukaran pengetahuan. Pertukaran pengetahuan di fase baru yang akan dihadapi oleh para wisudawan menjadi faktor kunci dalam penciptaan nilai tambah (added value) ataupun menjawab permasalahan (problem-solving).

Sambutan dilanjutkan oleh penyampaian kata selamat dari 12 Dekan Sekolah/Fakultas ITB secara bergantian. Kemudian kata perpisahan sebagai penutup rangkaian sidang disampaikan oleh wakil wisudawan disampaikan oleh Falih Zuhdi Rizqullah, S. M., lulusan program Sarjana Manajemen, SBM ITB.

Berikut data lengkap wisudawan periah IPK tertinggi, cumlaude, dan termuda.

Program Sarjana

Wisudawan Sarjana IPK Tertinggi: Clareta Milena (Prodi Kriya, FSRD, IPK & IP 3.97)

Wisudawan Termuda: Bilal Dwi Anugrah, FTTM (usia 20 tahun 11 bulan)

Program Magister

Wisudawan IPK Tertinggi Program Magister dengan IPK & IP 4.00
- Afina Firdaus Syuaib (Farmasi, SF)
- Fikri Fauzian (Farmasi, SF)
- Dyah Shinta Dwitya (Keolahragaan, SF)
- Al-Faisal Firdaus (Teknik Dirgantara, FTMD)
- Leonardus Reinaldy Christianto (Pengajaran Matematika, FMIPA)
- Arnott Ferels (Arsitektur, SAPPK)
- Jason Filius Santoso (Teknik Kelautan, FTSL)
- Shania Jiehan Geraldine (Desain, FSRD)
- Restu Utari Dewina (Biologi, SITH)
- Haykal Yuqdha (Teknik Kimia, FTI)
- Vaghwa Hasib Nata Praja (Teknik Geodesi dan Geomatika, FITB)
- Estefania Mayor (Desain, FSRD)
- Bunga Djasmin Ramadhanty (Arsitektur Lanskap, SAPPK)
- Darmawan Tri Nugroho (Sains Manajemen, SBM)
- Safira Alethia Loebis (Administrasi Bisnis, SBM)
- Annisaa Dwi Utami (Administrasi Bisnis, SBM)
- Muhamad Fajrin Rasyid (Administrasi Bisnis, SBM)
- Rama Alpha Yuri Margareta (Administrasi Bisnis, SBM)
- Mathew Farrell (Administrasi Bisnis, SBM)
- Muhammad Sobirin (Administrasi Bisnis, SBM)
- Ardyan Febrianto (Administrasi Bisnis, SBM)
- Tomi Sugiarto (Administrasi Bisnis, SBM)
- Muhammad Nadrul Jamal (Administrasi Bisnis, SBM)

Wisudawan Termuda: Estefania Mayor, FSRD (usia 21 tahun, 10 bulan)

Program Doktor

Wisudawan Terbaik dengan 3 Publikasi Jurnal Q3 dan 1 Publikasi Jurnal Q1 dengan h-indeks Scopus 4: Erna Hikmawati (STEI) dengan Promotor Kridanto Surendro.

Wisudawan Termuda: Putu Veri Swastika, FMIPA (usia 26 tahun 4 bulan)

Wisudawan Termuda Program Profesi Insinyur: Suwandi Luhur, FMIPA (usia 24 tahun 6 bulan)

Reporter: Lukman Ali (Teknik Mesin, 2020)


scan for download