ITB Kampus Cirebon Siap Kembangkan Asrama Mahasiswa dan Laboratorium di Tahun 2023

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

SIARAN PERS ITB

No. 391/IT1.B03.2/HM/2023

22 Mei 2023

BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) telah berkomitmen dalam pengembangan multikampus salah satunya di ITB Kampus Cirebon. Sebagai bentuk komitmen tersebut, ITB selalu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak khususnya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ITB akan membangun asrama mahasiswa dan laboratorium pada tahun ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memberikan bantuan dana Hibah Daerah (NPHD) untuk operasional dan Infrastruktur ITB Kampus Cirebon.

Pada tahun 2023 Pemprov Jabar telah memberikan komitmen berupa hibah daerah kepada ITB. Dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, yaitu dalam bentuk asrama mahasiswa, rumah singgah dosen dan gedung multifungsi C, operasional, dan pengembangan laboratorium.

Pengembangan laboratorium ini akan dikhususkan pada program studi yang pada saat ini masih harus menggunakan fasilitas laboratorium di ITB Kampus Ganesha. Hal ini diharapkan mahasiswa tidak perlu lagi ke Bandung untuk melaksanakan praktikum atau mengerjakan Tugas Akhir.

Asrama mahasiswa yang akan dibangun akan diutamakan bagi mahasiswi, khususnya bagi mahasiswi ITB Kampus Cirebon yang masuk tahun kedua pendidikan di ITB, di mana pendidikan tahun pertama akan ditempuh di ITB Kampus Jatinangor. Seperti diketahui, mulai tahun 2023 ini, seluruh kegiatan mahasiswa baru ITB pada tahun pertama akan dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor.

Penyediaan asrama putri ITB Kampus Cirebon diharapkan dapat membantu mahasiswi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru di Kota Cirebon. Diharapkan asrama ini akan mampu menampung sekitar 200 mahasiswi. Dengan daya tampung ini diperkirakan seluruh mahasiswi ITB Kampus Cirebon tahun kedua mampu ditampung di asrama.

Selain membangun Asrama Putri, ITB Kampus Cirebon juga akan membangun rumah singgah dosen, khususnya bagi dosen yang masih harus beraktivitas di dua kampus lain untuk mempermudah akomodasi. Dalam jangka panjang, ITB telah melakukan rekrutmen dosen baru yang dikhususkan menjadi Dosen ITB kampus Cirebon. Pada saat ini sebagian besar dari mereka sedang menempuh pendidikan lanjutan sebelum siap mengajar di ITB Kampus Cirebon.

Acara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan para penerima hibah dilakukan di Gedung LPTQ Jabar pada 11 Mei 2023. Penandatanganan dari pihak ITB Kampus Cirebon dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D. Turut hadir dalam acara tersebut Pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Barnas Adjidin, MM., MM.Pd, selaku Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Direktur Kampus ITB CIrebon Dr. Ir. Iwan Kustiwan, M.T., Direktur Pengembangan ITB Dr. Andi Cakravastia Arisaputra Raja, S.T., M.T., dan Kepala Subdirektorat Implementasi Pengembangan Fisik ITB, Dr. Russ Bona Frazila, S.T., M.T.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat

Institut Teknologi Bandung,

Dr. Naomi Haswanto, S.Sn., M.Sn.


scan for download