ITB Jatifest 2023: Pameran Pengmas, Etalase Kepedulian ITB Terhadap Masyarakat

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


JATINANGOR, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) sukses menyelenggarakan acara Jatinangor Festival (Jatifest) 2023 pada Sabtu (2/9/2023). Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan ITB Kampus Jatinangor kepada seluruh civitas akademika ITB, dalam menyambut kedatangan mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) 2023.

Sebagai informasi, mulai tahun ini seluruh mahasiswa baru akan menempuh perkuliahannya di ITB Kampus Jatinangor. Acara ini pun sekaligus sebagai penutup rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITB Tahun Ajaran (TA) 2023/2024.

Tema acara mengusung ‘Green Culture for a Better Future', yang memberikan nilai tambah bagi civitas akademika ITB Kampus Jatinangor dalam mengembangkan perspektifnya untuk mengembangan diri, melestarikan lingkungan, dan kesiapan menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, secara maksimal seluruh rangkaian acara diupayakan agar terselenggara dengan semangat ramah lingkungan yang berkelanjutan.

Selaras dengan tema tersebut, ITB Jatifest 2023 menampilkan pameran pengabdian masyarakat (pengmas) yang diselenggarakan di Gedung Kuliah Umum (GKU) 3, Kampus ITB Jatinangor. Semua kegiatan kemahasiswaan yang terkait dengan pengabdian masyarakat dipresentasikan dalam pameran ini. Total ada 45 stan pengmas yang dipamerkan, di antaranya:
1. Pengmas Himpunan Mahasiswa Mikrobiologi
2. Pengmas Himpunan Mahasiswa Elektro ITB
3. Pengmas Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITB
4. Pengmas Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi 'GEA' ITB
5. Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) dalam pengabdiannya
6. UKM Pramuka ITB
7. TPB FMIPA
8. TPB FTI
9. Keluarga Mahasiswa Banyumas
10. Pengmas Mandiri (masjid green building)
11. Pengmas Mandiri (tata letak toko)
12. Pengmas Mandiri (Protecting Paradise)
13. Pengmas Mandiri (pembangunan MCK)
14. Sanitation Heroes
15. Peduli Pesisir ITB
16. Peduli Pesisir ITB
17. Progo River
18. Penanaman 1000 Pohon
19. Budi Daya Rumput Laut
20. Infrastruktur Lapangan Bandung Wetan
21. Sakola Kembara
22. Edukasi Sampah
23. Gebrak Indonesia
24. Skhole-ITB Mengajar
25. KMPA
26. Liga Film Mahasiswa (LFM) ITB
27. hingga 45 merupakan Pameran Kuliah Kerja Nyata (KKN) ITB.

Pameran pengmas ini berlangsung dengan begitu meriah, terlihat dari padatnya pengunjung yang memenuhi GKU 3 dan dengan antusias mendengarkan presentasi dari setiap stan yang ada. "Kegiatan pamerannya sangat menyenangkan, karena banyak yang singgah ke booth dan tertarik dengan pengmas yang kami lakukan yaitu pemberdayaan masyarakat melalui pembelajaran produksi tepung mocaf, begitu juga dengan booth lainnya terlihat sangat penuh dan seru," ujar Afina Naufal Nur Islami, salah satu penjaga stan Pengmas Himpunan Mahasiswa Mikrobiologi.

Melalui pameran pengabdian masyarakat ini, ITB berkomitmen untuk terus meningkatkan keunggulannya tidak hanya pada aspek pengajaran dan penelitiannya saja, tetapi juga aspek pengabdian masyarakat dalam menepati Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download