ITB Jalin Kerja Sama dengan PT Meindo Elang Indah Terkait Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id-Insitut Teknologi Bandung menjalin kerja sama dengan PT Meindo Elang Indah di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang struktur dan fasilitas minyak dan gas lepas pantai.

Kerja sama tersebut ditandatangani oleh Wakil Presiden Direktur PT Meindo Elang Indah, Richard Chan dengan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D. Proses tantangan kerja sama tersebut dilakukan secara virtual pada Rabu (30/3/2022).

Kepala Biro Kemitraan ITB, Prof. Dr. Taufiq Hidajat dalam sambutannya mengatakan, perjanjian kerja sama ITB dan PT Meindo Elang Indah telah diinisiasi oleh dosen di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) dan dosen di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) melalui riset kolaborasi The Safe & Sustainable Decommissioning of Offshore Structures (SEELOS) bersama Universitas di Asia tenggara dan juga support dari Royal Engineering, London dalam topik terkait kesiapan yard bagi dekomisioning anjungan lepas pantai dan struktur terapung di Indonesia.

"Dari pihak ITB, kami sangat mengapresiasi perjanjian kerja sama ini, harapannya dapat dimanfaatkan dengan baik bagi civitas akademika ITB dan PT Meindo Elang Indah dalam men-support perkembangan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang struktur dan fasilitas minyak dan gas lepas pantai," kata Prof. Dr.Taufiq Hidajat.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT Meindo Elang Indah, Richard Chan mengatakan, Meindo adalah perusahaan yang bekerja di bidang rekayasa, pengadaan, konstruksi, dan instalasi untuk petrokimia, energi, dan industri hulu minyak dan gas. Hingga saat ini, perusahaan telah mengerjakan lebih dari 150 proyek migas di Indonesia baik onshore maupun offshore.

Kerja sama ini, lanjutnya, telah melalui proses yang cukup panjang dan dia merasa sangat terhormat karena perusahaannya telah direkomendasikan dan terpilih sebagai responden dalam penelitian di ITB yang akan berguna sebagai guide line yang dapat bermanfaat khususnya di Indonesia.

"Semoga dengan penandatanganan kerja sama ini dapat memperoleh jalinan silaturahmi serta dapat menjadi langkah awal bagi Meindo dalam memberikan kontribusi positif bagi industri dan pendidikan teknologi lepas pantai di Indonesia," ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan FTMD Prof. Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara, M.T., Dekan FTSL Edwan Kardena, Ph.D., beserta jajaran dosen ITB lain yang terlibat dalam kerja sama tersebut serta jajaran dari PT Meindo Elang Indah.


scan for download