ITB dan PT Bank BRISyariah Jalin Kerja Sama di Bidang Jasa Layanan Perbankan Syariah

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kerja sama dengan PT Bank BRISyariah Tbk terkait penyelenggaraan pelayanan dan jasa perbankan syariah. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dengan Direktur PT Bank BRISyariah tbk. Ngatari, Rabu (11/11/2020) secara virtual.

Adapun cakupan kerja sama antara ITB dan Bank BRISyariah tersebut meliputi pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan syariah seperti pembayaran gaji karyawan; pelayanan pembayaran kewajiban-kewajiban mahasiswa (pembayaran SPP, PMB) dan tagihan mahasiswa lainnya; kerja sama pemanfaatan produk haji dan umroh; kerja sama pelayanan dan jasa perbankan syariah lainnya.

Selain itu disepakati juga kerja sama dalam hal pengembangan SDM, pemberian bantuan khususnya bidang pendidikan, dan kerja sama di bidang tridarma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat).

Usai melakukan penandatanganan, dalam sambutannya, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyambut baik kerja sama tersebut. Ia mengatakan, penandatanganan kerja sama ini merupakan lanjutan dari kerja sama sebelumnya yang sudah terjalin.

“Melalui acara ini sebetulnya sebagai payung hukum atas kerja sama yang lebih luas. Prinsipnya saling membantu saling melengkapi kompetensi masing-masing dan saling menguntungkan sehingga kedua institusi dapat maju bersama sejalan dengan moto 'In Harmonio Progressio' atau maju bersama,” ujar Prof. Reini.

*Rektor ITB Prof. Reini saat memberikan sambutan usai penandatanganan perjanjian kerja sama. (Foto: Humas ITB)

Selanjutnya Prof. Reini menambahkan bahwa seiring perkembangan zaman, ITB harus bertransformasi ke era digital atau konsep 4.0. Sehingga diperlukan adanya modernisasi dalam manjemen di ITB, salah satunya dalam sistem keuangan. Sistem keuangan adalah cermin dari proses bisnis secara menyeluruh, apabila sistem keuangan baik maka akan baik pula pada aspek-aspek yang lain.

Sementara itu, Direktur PT Bank BRISyariah tbk. Ngatari menyampaikan terima kasih kepada ITB atas kepercayaannya melalui kerja sama ini. Ia berharap, melalui kerja sama ini dapat membawa manfaat bagi ITB dan Bank BRISyariah. Ia juga menambahkan, melalui kerja sama tersebut, BRIsyariah akan menyediakan layanan fasilitas jasa perbankan bagi mahasiswa dan seluruh sivitas akademika ITB, antara lain pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), cash management system (CMS), dan pembiayaan syariah lainnya.


scan for download