ITB dan Gotion Indonesia Materials Jalin MoU di Bidang Pendidikan dan Penelitian

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani MoU dengan PT Gotion Indonesia Materials pada Sabtu (29/7/2023) di Bandung. Kerja sama yang dijalin berkaitan dengan pengembangan riset produk baterai serta kegiatan riset di Science and Techno Park (STP) ITB.

MoU ITB dan PT Gotion Indonesia Materials ditandatangani langsung oleh Ketua Lembaga Pengembangan Ilmu dan Teknologi (LPIT) Prof. Ir. Taufan Marhaendrajana, M.Sc., Ph.D., dan Executive Director PT Gotion Indonesia Materials, Antony.

Gotion High-Tech adalah sebuah perusahaan Global tingkat atas yang memproduksi baterai kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi. Produk utamanya meliputi bahan material LFP, NCM dan sel baterai, battery pack, sistem manajemen baterai (BMS), serta unit penyimpanan energi. Produk-produk ini secara luas digunakan untuk kendaraan listrik, kendaraan komersial, kendaraan khusus (alat berat / truck), kendaraan roda dua, dan kendaraan listrik lainnya.

Gotion High-Tech telah mengoperasikan 14 fasilitas manufaktur di seluruh dunia, dengan target kapasitas 300 GWh pada tahun 2025. Selain itu, Gotion HighTech telah mendirikan 8 pusat riset dan pengembangan di Hefei, Shanghai, Silicon Valley, Cleveland, Tsukuba, Singapura, Eropa, dan Jerman.

Berkantor pusat di Jakarta, Gotion Indonesia telah beroperasi sejak tahun 2022 sebagai pusat produksi dan operasional untuk Gotion High-Tech di kawasan Asia Tenggara.

Menurut Ketua LPIT ITB, kolaborasi antara ITB dan PT Gotion Indonesia Materials akan saling menguntungkan kedua belah pihak. Bagi ITB, adanya kerja sama ini akan memperkuat program-program yang dijalankan ITB, yaitu bidang penelitian, pendidikan, teknologi, dan pencarian bakat.

“Di bidang pendidikan, salah satu contohnya, khususnya tahun ini, adalah berdirinya Program Magister Teknologi Baterai. Keterlibatan pengalaman dan teknologi GOTION tentu akan memperkaya program. Relevansi program ini semakin nyata dengan keterlibatan industri nasional dan internasional,” ujarnya sebagaimana rilis yang diterima Humas ITB, Senin (31/7/2023).


Adanya PT GOTION Indonesia Materials dalam lingkaran kerja sama dengan ITB juga akan memberikan semangat yang tinggi bagi para talent di ITB untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi di bidang pengembangan produk baterai dan juga selanjutnya dapat terlibat dalam bidang Penelitian dan Teknologi di Science and Techno Park (STP) ITB.


scan for download