ITB Berduka, Guru Besar FMIPA Prof. The Huow Liong Berpulang

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Keluarga Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali berduka atas kepergian salah satu Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof. Dr. The Houw Liong. Mendiang wafat pada 21 Maret 2023.

Untuk mengenang jasa dan pengabdian Prof. The Houw Liong, ITB melaksanakan upacara pelepasan jenazah di Aula Barat Kampus ITB, Kamis (23/3/2023). Wakil Rektor Bidang Sumber Daya (WRSD) ITB membacakan sambutan pelepasan jenazah.

“Pada kesempatan ini, saya atas nama Keluarga Besar ITB, menghaturkan duka cita yang mendalam kepada Keluarga Besar Prof. Dr. The Houw Liong. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menerima amal ibadahnya, mengampuni segala dosa-dosanya, dan semoga Almarhum mendapat tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar WRSD.

Prof. Dr. The Houw Liong lahir di Bandung, 17 Oktober 1940. Ia memulai perjalanan menuntut ilmu di ITB, meraih gelar Sarjana Sains di bidang Fisika, kemudian melanjutkan studi S3 dan memperoleh gelar Doctor of Philosophy dari University of Kentucky pada tahun 1969.

“Beliau adalah seorang fisikawan yang luar biasa yang mendedikasikan hidupnya untuk mengajar, riset dan berinovasi,” ujar Dekan FMIPA ITB, Prof. Wahyu Srigutomo.
Sepanjang kariernya, Prof. The Houw Liong memberikan kontribusi signifikan pada bidang keahliannya, yakni dalam bidang fisika sistem kompleks, fisika komputasi, kecerdasan buatan (artificial intelligence), dan data mining. Penelitian dan karya inovatifnya telah menginspirasi generasi berikutnya untuk terus memajukan bidang-bidang tersebut.

Bagi Prof. Wahyu, beliau bukan hanya seorang akademisi berprestasi tetapi juga seorang pendidik yang berdedikasi. Murid-muridnya mengingatnya sebagai guru yang penuh kasih dan inspiratif yang selalu bersedia berbagi pengetahuan dan keahliannya.

“Meski banyak prestasinya, Prof. The Houw Liong tetap rendah hati dan membumi, selalu bersedia mengulurkan tangan membantu rekan dan mahasiswanya. Beliau adalah pria yang memiliki integritas dan nilai, yang menjalani hidupnya dengan tujuan dan makna,” kesannya.

Prof. Wahyu menambahkan, “Hari ini, kami mengucapkan selamat tinggal kepada seorang pria hebat yang kontribusinya terhadap sains dan pendidikan akan dikenang untuk generasi yang akan datang. Kami akan sangat merindukannya, tetapi warisannya akan terus hidup, menginspirasi kami untuk terus mengejar pengetahuan dan keunggulan. Beristirahatlah dengan tenang, Prof. Dr. The Houw Liong,” ujarnya.


scan for download