Inovasi Teknologi, Sains, Sosial, dan Seni di Ganesha Student Innovation Summit 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Pameran Ganesha Student Innovation Summit (GSIS) sukses digelar di Galeri Soemardja, ITB Kampus Ganesha, 21-23 September 2023. Acara ini menampilkan kolaborasi luar biasa antara teknologi, sains, sosial, seni, dan budaya.

GSIS merupakan acara tahunan yang diinisiasi Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB) untuk memfasilitasi para pelajar dari berbagai sekolah dan universitas di Indonesia mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif di berbagai bidang. Terdapat sekitar 30 karya seni yang dipamerkan dari karya mahasiswa ITB, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan masyarakat umum.

   

GSIS 2023 mengusung tema "Futurizing Sustainability: Collaborative Revolution" yang berfokus pada revolusi kolaborasi multidisiplin antara teknologi, bisnis, dan seni sebagai upaya untuk mengoptimalkan inovasi yang strategis dan berkelanjutan melalui proses inovasi yang inklusif, berulang, kreatif, dan berbasis advokasi.

Para pengunjung menikmati beragam pameran dan demonstrasi teknologi terkini, seni visual yang menginspirasi, inovasi dalam bisnis, serta proyek-proyek sosial yang mendukung keberlanjutan.

   

Acara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Melalui seni dan teknologi, kami membayangkan sebuah dunia di mana keberlanjutan bukan hanya sekadar kata, tetapi juga nilai bersama dan kekuatan pendorong di balik gerakan global untuk perubahan," ujar salah seorang panitia GSIS Exhibition 2023, Felizha.

Selain pameran, GSIS terdiri atas Kompetisi Inovasi, Kompetisi Business Case, dan Grand Summit sebagai puncak acara. Setiap acara diharapkan dapat menjadi katalisator bagi mahasiswa di Indonesia untuk terus berkolaborasi dan berinovasi sehingga menciptakan dampak positif bagi Tanah Air bahkan dunia.

   

Pameran GSIS 2023 mendapatkan sambutan meriah dari kalangan mahasiswa, dosen, peneliti, dan masyarakat umum. Acara ini pun mendapat dukungan dari berbagai perusahaan, organisasi, dan pihak terkait yang berkomitmen mendukung inovasi dan kreativitas di Indonesia.

Dalam suasana penuh semangat dan inspiratif, GSIS 2023 menjadi platform penting bagi generasi muda Indonesia untuk menunjukkan bakat, kreativitas, dan dedikasi menuju masa depan yang lebih baik. Pameran ini memberikan kesempatan mendapatkan eksposur dan memperkuat inovasi yang akan terus mendorong batas-batas kemungkinan di masa mendatang.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download