HMM ITB Sukses Selenggarakan MFest 2016

Oleh Ninik Susadi Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITB kembali mengadakan Mechanical Festival (Mfest) 2016 pada Sabtu-Minggu (13-14/02/16). Acara tersebut merupakan ajang dua tahunan yang diselenggarakan oleh HMM ITB untuk mengedukasi masyarakat umum. Pada tahun ini, Mfest 2016 mengangkat tema "Smart Commute Development". Tema ini berhubungan dengan perkembangan teknologi transportasi saat ini. Rangkaian acaranya sendiri terdiri dari delapan mata acara yaitu Grand Seminar, Engine Tune Up (ETU), Expo, Mechazone, Ganesha Robogames Transporter, MFest Photo Contest, National Innovation Competition (NIC), dan ditutup oleh acara musik yang menampilkan band Mocca.

Pada mata acara Grand Seminar, Mfest 2016 mengundang beberapa narasumber yang memang ahli di bidang transportasi. Seminar yang membahas mengenai Transportasi Dulu, Kini dan Sekarang diisi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian periode 2014-2019 yaitu Ir. Hermanto Dwiatmoko, MSTr. Selain itu, turut hadir pula beberapa dosen yang merupakan pakar transportasi yaitu Ir. Harun Al Rasyid S. Lubis, MSc, Ph.D sebagai Dosen Pakar Rekayasa Transportasi Teknik Sipil ITB dan Dr. Ir, Muljo Widodo Kartidjo Dosen Pakar Pengembang Metro Capsule Teknik Mesin ITB. Berbagai pakar dari disiplin ilmu yang berbeda ini dikarenakan dalam penyelesaiannya masalah transportasi perlu melibatkan banyak bidang keilmuan tidak hanya Teknik Mesin tetapi turut pula Teknik Sipil, Teknik Planologi dan Teknik Lingkungan.


Acara selanjutnya merupakan mata acara yang selalu ada dan banyak diminati oleh orang-orang khususnya yang memiliki kendaraan bermotor. Acara tersebut merupakan ETU gratis bagi masyarakat umum yang memiliki kendaraan bermotor. Acara ini merupakan kegiatan yang mewadahi minat mahasiswa Teknik Mesin ITB dalam mengaplikasikan ilmunya sekaligus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tuner nya sendiri merupakan mahasiswa Teknik Mesin ITB yang sudah menjalani pelatihan resmi. Antusiasme dari masyarakat dengan adanya kegiatan ini sangat tinggi, terbukti dengan antrian dua hari berturut-turut yang selalu penuh. ETU sendiri diadakan di Jalan Ganeca.


Pada hari terakhir merupakan puncak dari rangakaian acara Mfest 2016. Terdapat enam mata acara yang diselenggarakan antara lain Expo dan Mechazone. Expo merupakan sebuah pameran teknologi transportasi yang ramah lingkungan seperti mobil listrik. Acara ini juga memamerkan karya kreatif dari komunitas otomotif di Bandung dan karya keprofesian terbaik mahasiswa Teknik Mesin ITB. Mechazone sendiri merupakan wahana bagi para pengunjung Mfest 2016 dengan membawa konsep teknologi-teknologi yang berada di sekitar kita. Mechazone ini bertujuan dapat mengedukasi dan menambah wawasan para pengunjung khususnya dalam hal mekanikal.  


Robot dan Inovasi dalam Keselamatan Berkendara
Selain adanya seminar, expo dan ETU yang menjadi unik pada tahun ini adalah adanya perlombaan yang ditujukan untuk mahasiswa se-Indonesia mengenai inovasi dan kompetisi robot. NIC pada tahun ini mengangkat tema inovasi dalam meningkatkan bagi keselamatan dalam berkendara. "Adanya Robogames di Mfest ini karena kita ingin mengenalkan bahwa di Teknik Mesin ITB ada sub jurusan Mekatronika," tutur Almas Hardiantoro selaku Ketua Pelaksana MFest 2016. Sub jurusan Mekatronika ini mempelajari proses untuk mengontrol suatu sistem, salah satunya dengan membangun sistem pada sebuah robot.


Pada malam harinya, diadakan acara penutupan dimana terdapat pengumuman para pemenang dari NIC dan Robogames. Untuk penutup acaranya sendiri, dimeriahkan oleh penampilan dari salah satu grup band asal Bandung yaitu Mocca. Dengan tampilnya Mocca di akhir acara, maka Mfest 2016 resmi ditutup. "Harapannya dengan banyaknya orang yang berpartisipasi dapat bersama-sama memberikan solusi untuk transportasi yang lebih baik dan lebih pinta untuk Indonesia," tambah Almas.  


scan for download