Hidayat Nur Wahid: Memberantas Korupsi

Oleh

Editor

Bandung-itb.ac.id, Keluarga Mahasiswa (KM) ITB menggelar Studium General pada Rabu, 17 Januari 2007 di Aula Barat ITB. Studium General ini diisi oleh Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Acara ini merupakan rangkaian acara Sekolah Anti Korupsi (Sekantor), yang terdiri atas: seminar, studium general, dan workshop. (terkait berita sebelumnya: Seminar Nasional dan Wokshop “Sekolah Anti Korupsi”)

Beliau memaparkan pengertian untuk "membangun gerakan moral anti korupsi menuju kesejahteraan dan kemandirian bangsa". Gerakan yang harus dilakukan bersama oleh seluruh elemen masyarakat. Kesadaran masyarakat diperlukan untuk membangun moral antikorupsi secara menyeluruh. Untuk itu, diperlukan seorang tokoh panutan yang tahan uji dan dapat menanggung risiko. Dalam hal ini, dibutuhkan suatu komitmen menyeluruh.

Sebagai seorang tokoh nasional beliau menekankan bahwa praktik penyelenggaraan negara bebas KKN haruslah efektif. Pemberantasan korupsi tidak boleh pandang bulu. Hal ini termasuk mantan pejabat pemerintah yang terbukti terlibat tindak pidana korupsi juga akan mendapat sanksi.

Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata dari KM ITB, yang diwakili oleh Presiden KM ITB, kepada Bapak Hidayat Nur Wahid.

scan for download