Hasil Penelitian Dosen FTI ITB, Biometana untuk Bahan Bakar Alternatif di Indonesia

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id – Dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB, Anggit Raksajati, S.T., Ph.D., menjadi salah satu pembicara dalam seminar Bioenergy Goes to Campus Chapter #15. Seminar ini diselenggarakan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) yang bekerja sama dengan Asosiasi Biogas Indonesia (ABgI), yang berlangsung di Multipurpose Hall CRCS ITB Kampus Ganesha, Rabu (30/08/2023).

Dalam presentasinya, beliau membahas hasil penelitiannya terkait teknologi pemurnian biogas menjadi biometana untuk bahan bakar gas (BBG). Penelitian tersebut merupakan kerja sama antara ITB, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), PT Perkebunan Nusantara 5 (PTPN5), dan PT Aimtopindo Nuansa Kimia.

Beliau menjelaskan prinsip teknologi yang mereka kembangkan, yaitu prinsip absorpsi fisik. Proses ini melibatkan kompresor untuk menekan biogas dari atmosferik menjadi tekanan tinggi, kemudian biogas tersebut disiram air murni dalam scrubber untuk menghilangkan CO2. Setelah itu, CO2 yang terlarut dalam air akan dipisahkan dalam proses stripper sehingga menghasilkan biometana yang hampir bebas dari CO2.

Pengujian teknologi ini telah dilakukan di lapangan dengan pilot plant berkapasitas 60 m³/jam biogas. “Hasilnya menunjukkan bahwa biometan yang dihasilkan memenuhi spesifikasi SNI 9164 tahun 2023, yang mengharuskan CO2 kurang dari 5%. Selain itu, biometan ini juga telah diuji pada truk untuk digunakan sebagai bahan bakar,” katanya.

Selain itu, beliau menekankan potensi besar penggunaan biometana sebagai bahan bakar alternatif di Indonesia, terutama dalam mengurangi emisi CO2. Beliau juga merincikan bahwa banyak perusahaan, termasuk perusahaan sawit, semakin tertarik memanfaatkan biogas menjadi biometana. Hal tersebut menjadi peluang besar bagi para mahasiswa yang berminat dalam bidang bioenergi.

Seminar Bioenergy Goes to Campus Chapter #15 ini menjadi ajang penting untuk membagikan pengetahuan dan hasil penelitian terkini dalam bidang energi terbarukan dan konservasi energi, serta memperkuat kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan industri dalam mengembangkan solusi berkelanjutan untuk masa depan energi Indonesia.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download