Gita Wirjawan Bangkitkan Semangat Mahasiswa lewat Studium Generale

Oleh Medhira Handinidevi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB kedatangan tamu istimewa yaitu Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan, MBA, MPA pada Senin (29/04/13). Pada kesempatan ini, Gita membawa tema "Teknologi, Demokrasi, dan Perlindungan Konsumen". Studium Generale yang secara rutin diadakan di Aula Barat hari itu benar-benar dipenuhi oleh berbagai audiens. Puluhan mahasiswa peserta Studium Generale memadati kursi-kursi dan tak kalah, mahasiswa D3 pun ikut meramaikan kuliah ini. Tak ketinggalan, puluhan lensa kamera juga turut menyaksikan kuliah umum yang menyedot perhatian civitas academica ITB ini.

Studium Generale diawali dengan sambutan oleh Prof. Akhmaloka, Ph. D.  Kemudian dengan arahan Ir. Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D selaku moderator, Gita menempati podium dan mulai memberikan kuliahnya. Ia mengawali pidatonya dengan bercerita tentang bangsa-bangsa maju di dunia, seperti Korea dan Amerika. Gita bercerita bagaimana Korea di tahun 1960-an masih menjadi bangsa terpuruk yang selalu gagal dalam usaha produksi apapun, terutama dalam bidang manufaktur. Namun kenyataan itu berubah dengan sikap pemerintah yang tegas dan usaha yang kuat oleh pelaku industri untuk menuju suatu gambaran masa depan yang lebih baik untuk Korea.

Indonesia yang saat ini memiliki besaran PDB pada posisi 15 di dunia juga pasti mampu menjadi bangsa yang bergengsi di mata dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut, inovasi dan inkubasi ide menjadi sangat penting. Menurut Gita, disinilah peran ITB sebagai institute teknologi yang dipercaya mampu untuk menelurkan terobosan-terobosan cemerlang untuk memajukan Indonesia. "We have to be a relevant nation. Kita harus bangga berbangsa," tegas Gita. Dengan asumsi laju pertumbuhan ekonomi dan laju inflasi sebesar 5%, Indonesia diproyeksikan akan menempati urutan ke 5 dalam 20 tahun ke depan. Kenyataan ini harus menjadi bahan bakar bagi para tunas muda untuk selalu bermimpi dan berusaha untuk membuat sesuatu yang besar di Indonesia dan bahkan di dunia.

Dalam kuliah umum ini, Gita menekankan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan penuh potensi. PDB total kita lebih besar daripada Malaysia, Singapura, dan bahkan Arab Saudi. Jadi bangsa ini tidak boleh takut dan minder dengan bangsa-bangsa lain di luar sana. "You are bigger than you think. You have to shoot for the stars!" ucap Gita dengan semangat. Menteri yang menggemari musik jazz dan berkepribadian enerjik ini berhasil menyihir dan mengubah mindset mahasiswa yang hadir saat itu. Sebagai penerus masa depan, mahasiswa seharusnya mampu bergerak dan mengubah keadaan demi mencapai kemajuan Indonesia agar menjadi bangsa yang bergensi di mata dunia.


scan for download