Ganesha MUN Club ITB Panen Prestasi di Joinmun 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Ganesha Model United Nation (MUN) Club, Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih sejumlah prestasi gemilang dalam Jogja International Model United Nations (Joinmun) 2023 yang diselenggarakan di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, 28 September - 1 Oktober 2023.

Joinmun bertujuan mendidik para delegasi calon pemimpin dunia dan mempromosikan perdamaian global. Tema Joinmun tahun ini, "Ashes of the Old Order: Emergence of the All-Informed Architects of Modern Politics", menyoroti perubahan tatanan politik global dan pentingnya generasi saat ini mengetahui permasalahan global terkini.

Ganesha MUN Club mengirimkan dua chair dan 10 delegasi yang mewakili berbagai council, termasuk UN Women, UN Human Rights Council, Food and Agriculture Organizations, Indonesia House of Representative, UN Security Council, dan Crisis Council.

Salah seorang delegasi, Fatih Nararya Rashadyfa Ilhamsyah, berbagi pengalaman bahwa persiapan intensif telah dilakukan dirinya, termasuk pelatihan dari Ganesha MUN Club di sepanjang September 2023. "Pada rangkaian training-nya ada 10 poin materi yang diajarkan plus satu simulasi MUN di akhir," ungkap Fatih.

Hasil persiapan tersebut membuahkan sejumlah prestasi gemilang, antara lain:

• Mirza Rafi Salimsyah dan Dewa Nanda P. N. menerima Verbal Commendation pada UN Human Rights Council, Jepang.

• Widya Candra Asri meraih Best Position Paper pada UN Human Rights Council, Republik Kongo.

• Disney Jason mendapatkan Honorable Mention pada Food and Agriculture Organizations, Afrika Selatan.

• Aurelia Zadira menerima Most Outstanding pada Crisis Council, Hacarus.

• M. Defriansyah Sidik Daud dan Nathanael Enrico Tanuwijaya menerima Verbal Commendation pada council UN Security Council, Ekuador.

• Fatih Nararya R.I. meraih Best Position Paper pada council UN Women, Irak.

"Dari semua yang ada di sini, is very glad bahwa walaupun kami kuliahnya teknik dengan seluruh bebannya yang banyak masih bisa beradu dengan mahasiswa-mahasiswa sosial humaniora di jurusan HI dan hukum di kompetisi yang benar-benar di luar ranahnya kami semua," ucap Fatih.

Prestasi gemilang Ganesha MUN Club di Joinmun 2023 menjadi bukti komitmen dan kemampuan para delegasinya berpartisipasi dan bersaing dalam forum internasional.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download