FSRD ITB Gelar International Track Induction Program, Bantu Mahasiswa Persiapkan Studi di Luar Negeri

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) menggelar "FSRD International Track Induction Program: Study Abroad Sharing Session and Portfolio Workshop", di Gedung CADL, ITB Kampus Ganesha, Rabu dan Kamis (6-7/12/2023).

Pembukaan dan sambutan kegiatan disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FSRD ITB, Dr. Nurdian Ichsan, S.Sn., M.Sn., juga sambutan oleh Koordinator International Track, Bintan Titisari, S.Ds., M.Ds., Ph.D.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk berbagi pengalaman, inspirasi, hal teknis, hingga bimbingan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri seperti student exchange selama satu semester yang merupakan kewajiban untuk mahasiswa International Track.

Kegiatan dua hari tersebut diikuti mahasiswa international track dan mahasiswa reguler FSRD ITB.

Wakil Dekan Bidang Akademik FSRD ITB, Dr. Nurdian Ichsan, S.Sn., M.Sn., mengatakan kegiatan tersebut dapat menjadi informasi awal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan segala hal untuk melanjutkan studi. Kegiatan tersebut sangat penting karena setiap aspek yang disampaikan menjadi indikator untuk lolos seleksi.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penjelasan untuk rencana para mahasiswa memilih universitas terbaiknya di luar negeri dan mempersiapkan segala sesuatu persiapannya dengan baik," ujar beliau.

Pada hari pertama pelaksanaan, para peserta mengikuti diskusi dengan narasumber, Bunga Laras Caesara (alumnus Central Saint Martin), Aulia Yeru (University of New South Wales Student), Niseina Anindita F (Joshibi School of Art and Design Returnee), Slamet Riyadi, S.Ds., M.Ds., Ph.D. (Alumnus Chiba University), Dianing Ratri, S.Ds., M.Des., Ph.D. (Alumnus Ewha Womans University). Diskusi ini dimoderatori Ardhana Riswarie, S.Sn., M.A.

   

Adapun hari kedua, kegiatan fokus pada mempersiapkan portfolio dengan baik dengan narasumber, yaitu Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D. (Dosen di ITB dan alumnus Woosong University dan Chiba University), Putri Taufik (Art Lead at Detado Indonesia, Alumnus Leeds Arts University dan Royal College of Art), Vikas Kailankaje (Dosen di LASALLE College of the Arts, University of the Arts Singapore). Diskusi hari kedua dimoderatori Naidi Atika Zundaro (Alumnus Ruskin University). Di akhir diskusi, para peserta melakukan sesi konsultasi bersama para narasumber.

Dengan adanya kegiatan ini, para peserta diharapkan terbantu dan dapat mempersiapkan setiap hal untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya.

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download