FMIPA ITB Gelar Kuliah Tamu, Hadirkan Prof. Dr. Marc J. E. C. van der Maarel dari University of Groningen, Belanda

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Kelompok Keilmuan (KK) Biokimia dan Rekayasa Biomolekul, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB) menggelar Kuliah Tamu dengan pembicara Prof. Dr. Marc J. E. C. van der Maarel dari University of Groningen, Belanda, Senin (15/01/2024).

Kuliah tamu ini diselenggarakan di Ruang Dalton FMIPA ITB dan dihadiri staf dosen, mahasiswa S1 hingga S3 dari Program Studi Kimia FMIPA ITB, serta beberapa tamu dari luar ITB.

Prof. van der Maarel menyampaikan kuliah berjudul “The Diversity of Glycoside Hydrolase Family 57 Glycogen Branching Enzymes”. Dalam materinya, beliau menjelaskan mengenai struktur, mekanisme katalisis, dan diversitas enzim penghidrolisis ikatan glikosida, khususnya ikatan glikosida dalam senyawa glikogen dan turunannya.

   

Setelah kuliah tamu selesai, Prof. van der Maarel mengunjungi Gedung FMIPA ITB dan disambut oleh Dekanat FMIPA ITB beserta ketua dan staf KK Biokimia dan Rekayasa Biomolekul.

Selain aktif meneliti dan mengembangkan start-up di bidang produk berbasis karbohidrat, Prof. Dr. van der Maarel merupakan Direktur School of Science and Engineering di University of Groningen, Belanda.

   

Kuliah tamu ini diharapkan dapat menjadi inisiasi yang baik untuk menyelenggarakan berbagai kerja sama internasional, terutama visiting professor di FMIPA ITB dan proyek penelitian bersama.

Sebelum kegiatan ini, Prof. van der Maarel juga pernah mengunjungi kampus ITB saat menjadi pembicara The Gruber-Soedigdo Lecture (GSL), yaitu pertemuan ilmiah rutin yang diselenggarakan oleh KK Biokimia dan Rekayasa Biomolekul FMIPA ITB.


scan for download