Eratkan Kerja Sama, LPiK Adakan Sosialisasi Program Pertamina CoRE ITB

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK) ITB mengadakan kegiatan sosialisasi program Pertamina CoRE, (Jumat 18/08/2023). Program Pertamina CoRE ITB sendiri merupakan rangkaian kegiatan berkelanjutan yang mendorong mahasiswa untuk merancang model bisnis sederhana dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui problem based learning.

Pada tahun ini, program kerja sama antara LPiK ITB dengan PT Pertamina bertujuan guna semakin menginspirasi semangat berwirausaha untuk mahasiswa di seluruh Indonesia.

Kegiatan diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan yang disampaikan oleh Sekretaris Lembaga Bidang Inovasi Arif Sasongko, S.T, M.T., Ph.D. Dalam sambutanya, beliau menyampaikan program CoRE pada tahun ini lebih menarik karena akan mengangkat topik tentang energi. “Energi merupakan menarik untuk jangka panjang maupun jangka pendek,” ucap Arif.

Ia juga menjelaskan program kewirausahaan dapat mengajarkan banyak hal, seperti bagaimana menyelesaikan masalah, melatih untuk bisa bekerja secara kolaboratif, dan kemampuan komunikasi.

“Program kewirausahaan itu melatih orang untuk tidak mudah menyerah, untuk persistent, atau istilahnya memiliki GRIT yang tinggi,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Manager Non Government Relations Pertamina Probo Prasiddhahayu. Probo menyampaikan program CoRE yang dibawakan oleh LPiK ITB merupakan suatu program yang unik karena lebih fokus dengan energi. Melalui program ini diharapakan mampu membentuk wirausahawan yang bisa mandiri meskipun masih menjalani perkuliahan.

Probo lalu menyampaikan PT Pertamina sangat menyambut dengan baik terkait diadakannya program CoRE.

“Kami juga berharap tidak hanya berhenti pada satu program, tapi juga bisa menelurkan mahasiswa-mahasiswa insan muda calon-calon entrepreneur calon SDM unggulan yang bisa membangun negeri ini lebih baik lagi,” ungkap Probo.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan terkait CoRE oleh Sekretaris Lembaga Bidang Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis Dr. Irwan Gumilar, S.T, M.Si. Pada awal pemaparan, Irwan menyampaikan terkait portofolio LPiK ITB. Sampai saat ini, LPiK ITB telah mengelola 235 startup yang berasal dari alumni, dosen, atau mahasiswa ITB.

Selanjutnya, Irwan juga menjelaskan terkait program CoRE yang telah dilaksanakan pada tahun lalu. Pada tahun lalu, kegiatan CoRE diikuti oleh 297 mahasiswa yang berasal dari 99 universitas yang berbeda. Dari jumlah tersebut, menghasilkan 47 startup dan 20% di antaranya kini bergabung di inkubator bisnis ITB.

“Tahun ini kita targetkan kurang lebih sama. Kita bersama Pertamina menargetkan ada 300 mahasiswa berarti ada 40 sampai 50 startup yang bisa hadir dikegiatan ini,” paparnya.

Rangkaian program yang akan dilaksanakan pada progam CoRE, antara lain ESC4PE ITB, Bussiness Idea Generation (BIG), Entrepreneurship Development Program, dan Startup Business Incubation Program. Rangakaian kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 18 September 2023 sampai dengan 17 November 2023.

Irwan juga menjelaskan terkait beberapa keuntungan yang akan diperoleh peserta CoRE. Salah satu yang menarik adalah program ini dapat dikonversi menjadi SKS dan juga dapat direkomendasikan untuk di-scale up ke inkubator.

Di akhir pemaparan, Irwan juga menjelaskan terkait hal-hal yang berkaitan dengan pendaftaran program CoRE. Kegiatan dilanjutkan dengan sharing session bersama alumni CoRE dan tanya jawab terkait program CoRE.

Reporter : Arif Hermawan (Teknik Sipil, 2021)


scan for download