Ekspedisi 163, Ekspedisi Pelestarian Alam untuk Peringati Hari Bumi 2023

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Memperingati Hari Bumi 2023 yang berlangsung pada April kemarin, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) mengadakan Ekspedisi 163. Kegiatan ini meliputi ekspedisi sungai, gunung, dan pantai yang dilaksanakan mulai tanggal 8 April hingga 29 April 2023.

Ekspedisi Sungai dengan nama Ekspedisi Patala Amerta, adalah sebuah ekspedisi ke enam titik sungai, Cicadas, Cikalintu, Cihapit, Ciparumpung, Ciregol, dan Citepus yang kegiatannya berfokus pada pembersihan sampah di aliran sungai. Selain membersihkan sampah, kegiatan yang diikuti mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) FITB itu bekerja sama dengan pemangku jabatan setempat juga mengajak warga yang tinggal di sekitar sungai untuk terlibat langsung dalam bersih sampah ini.

Setelah dua hari melakukan ekspedisi sungai, ‘para ‘Massa Bumi’ melanjutkan ekspedisinya ke tiga puncak gunung yakni Gunung Puntang, Gunung Cikuray, dan Gunung Gede. Dalam ekspedisi ini, mereka menerapkan program one person one trash bag, dengan mewajibkan setiap orang untuk memungut sampah yang mereka temukan selagi turun dari puncak gunung dan mengumpulkannya dalam satu kantong sampah. Selain itu, ekspedisi ini juga memiliki tujuan rekreasi.

Bagian terakhir dari rangkaian Ekspedisi 163 yakni Ekspedisi Estungkara Bumandahala ke Pantai Cipatujah, Tasikmalaya. Selain berfokus pada pembersihan sampah di pantai, ekspedisi ini juga meliputi aksi penanaman 100 bibit mangrove bersama karang taruna setempat. Hal ini dikarenakan adanya keluh kesah warga akan abrasi yang kerap menyerang Pantai Cipatujah tersebut. Dengan melibatkan karang taruna dan warga setempat pada ekspedisi ini, harapannya mereka dapat menjadi penggerak pelestarian mangrove di pantai tersebut setelah ekspedisi berakhir.

Dengan selesainya ekspedisi ke Pantai Cipatujah, berakhir pulai rangkaian Ekspedisi 163 peringatan Hari Bumi 2023. Melalui ekspedisi ini, harapannya manfaat yang dihasilkan tidak hanya sampai ekspedisi ini selesai, tetapi terus berlanjut dalam jangka panjang, dengan salah satu usaha mereka yakni melibatkan warga setempat dan menyebarkan informasi kegiatan di media sosial.

Johanes Aditya, selaku Ketua Pelaksana Earth Day ITB 2023 berharap, peringatan Hari Bumi dapat menjadi momentum untuk mulai menumbuhkan kesadaran masyarakat akan penghargaan dan terima kasih kepada bumi yang sudah semakin tua ini dengan hal-hal sederhana, yakni pelestarian lingkungan dan saving energy sesuai tema yang mereka "Let's Celebrate Earth Day by Recharging, Renewing, and Respecting Our Home".

Reporter: Putri Nur Azizah (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2021)

Foto: Panitia Earth Day ITB 2023


scan for download