Tim Pengabdian Masyarakat ITB Dorong Penggunaan AI untuk Kebaikan Bersama di IKN

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id - Tim Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan kegiatan bertema "Artificial Intelligence untuk Kebaikan Bersama" di SMPN 2 Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (13/5/2024). Acara ini dihadiri oleh sekitar 60 guru SD dari 29 sekolah perwakilan di Sepaku dan mendapat sambutan positif dari para peserta.

Tim Pengabdian Masyarakat ITB dipimpin oleh Ade Engkus Kusnadi, M.Pd., dan beranggotakan Dr. Sutiadi Rahmansyah, M.Hum., Dr. A. Gumawang Jati, dan mahasiswa, yaitu Valtyah Farah Regina Mandaliko. Kegiatan ini didukung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Panjam Paser Utara, Andi Singkerru, serta Analis Kebijakan Ahli Madya, Panggih Raharjo, yang mewakili Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN.

   

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat ITB, Ade Engkus Kusnadi, menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi secara bijak. "Tujuannya agar pemanfaatan teknologi ini dapat digunakan secara bijaksana dengan mencegah dampak negatifnya untuk meningkatkan efisiensi kebutuhan kita di masa kini dan masa yang akan datang," ujarnya.

Selama kegiatan berlangsung, peserta diajak memahami konsep dasar AI serta etika dalam penggunaannya di bidang pendidikan. Diskusi dan tanya jawab antara peserta dan narasumber menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Respons positif ini menunjukkan bahwa topik yang diangkat sangat relevan dan bermanfaat bagi para pendidik di Sepaku. Harapannya, kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat terus digencarkan di berbagai daerah yang membutuhkan pendampingan serta pelatihan terhadap penggunaan AI.

   

Workshop ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mengintegrasikan teknologi dengan etika penggunaan yang tepat di lingkungan pendidikan, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, guru diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memanfaatkan teknologi dengan cara yang bertanggung jawab. Kegiatan ini menunjukkan komitmen ITB dalam berkontribusi kepada masyarakat, khususnya dalam memajukan dunia pendidikan melalui teknologi. Melalui persiapan yang matang dan kolaborasi yang baik, acara ini berhasil menciptakan dampak positif yang signifikan bagi para peserta.

Reporter: Stefany Septiawati Nababan (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)
Foto: Dokumentasi Tim Pengabdian Masyarakat ITB


scan for download