ITB Berkontribusi Aktif dalam Forum Air Dunia ke-10: Membawa Solusi Inovatif untuk Ketahanan Air Global

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) turut berkontribusi dalam Forum Air Dunia (WWF) ke 10 yang diselenggarakan pada 18-25/5/2024 di Bali. Forum WWF kali ini mengambil tema "Water for Shared Prosperity".

Sebagai institusi terdepan di bidang sumber daya air, ITB berkontribusi dalam mengatasi berbagai tantangan air global melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Agenda ini diadakan setiap tiga tahun sekali oleh Dewan Air Dunia. Ajang tersebut merupakan wadah utama bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi serta mencari solusi jangka panjang terhadap isu global.

Berdasarkan keterangan resmi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB, pada tahun ini diperkirakan acara Forum Air Dunia akan dihadiri oleh 30.000 peserta dari 172 negara. Berbagai kegiatan pun akan digelar, sebut political, regional, and thematic session, high level panel, special session, side event, Bali youth plan, fair, expo, and cultural/field trip program.

Presiden Joko Widodo beserta beberapa anggota kabinet, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik (PUPR), Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., dijadwalkan hadir pada acara tersebut. Beliau telah terlihat di lokasi acara sejak Minggu (19/5/2024).

Dalam kesempatan ini, ITB juga akan memamerkan berbagai pencapaian dalam penelitian dan inovasi di bidang sumber daya air. Keterlibatan ini mencakup berbagai lembaga di ITB seperti LPPM, Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK), Lembaga Pengembangan Ilmu dan Teknologi (LPIT), serta Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL). Mereka akan menampilkan karya mereka dalam bentuk poster, publikasi ilmiah, dan produk inovasi.

Selain Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., terdapat beberapa tokoh penting yang berpartisipasi dalam acara ini, sebut saja Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D.; Prof. Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc., Ph.D.; Dr. Ir. Mohammad Farid; Dr. Ir. Rofiq Iqbal; Dr. Ir. Qomarudin Helmy, Faizal Immaddudin Wira Rohmat, S.T., M.T., Ph.D.; Ferdyansah Poernama, A.Md., dan Bagus Pramono Yakti, S.T., M.T.

Kehadiran mereka diharapkan dapat memperkuat kolaborasi dengan pemangku kepentingan internasional dan menunjukkan komitmen ITB dalam menghadapi tantangan air global.

Tak hanya itu, ITB pun akan berpartisipasi dalam pameran dengan menampilkan beberapa kegiatan seperti Citarum Harum serta produk inovasi seperti alat ultrafiltrasi air berbasis membran dan alat pengukur kualitas air berbasis Internet of Things (IoT).

Agenda Forum Air Sedunia ke 10 menjadi momen penting bagi ITB untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman serta memperkuat kerjasama dengan komunitas air dunia. ITB siap berkontribusi dalam upaya bersama untuk mengatasi berbagai tantangan air global dan memastikan keberlanjutan sumber daya air untuk generasi mendatang.


scan for download