Pameran Mata Kuliah Rekayasa dan Desain TPB FITB ITB, Jadi Wadah Karya Inovatif Mahasiswa

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

Pameran Mata Kuliah Rekayasa dan Desain TPB FITB ITB pada Sabtu (3/6/2023) di Aula Barat ITB.

BANDUNG, itb.ac.id – Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bumi (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Pameran Mata Kuliah Pengantar Rekayasa dan Desain, Sabtu (3/6/2023) di Aula Barat ITB, Bandung.

Pameran ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para mahasiswa dalam mengekspresikan kreativitas mereka. Sekaligus memperlihatkan pemecahan masalah lingkungan melalui rekayasa dan desain.

Acara tersebut juga menjadi ajang mempertontonkan kekayaan ide dan karya mahasiswa TPB FITB ITB. Setiap karya yang dipamerkan memiliki fokus yang berbeda-beda, mulai dari desain bangunan ramah lingkungan hingga solusi teknologi untuk pengelolaan limbah.

Pengunjung dapat melihat berbagai macam prototipe dan presentasi yang menarik. Di mana hal tersebut menunjukkan upaya mahasiswa dalam menghasilkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan.

Di akhir pameran, para juri yang terdiri dari dosen dan profesional di bidang rekayasa dan desain, melakukan evaluasi teliti terhadap setiap proyek yang dipamerkan. Evaluasi ini didasarkan pada voting pengunjung pameran dan fungsionalitas karya yang ditampilkan. Hasil evaluasi ini akan menjadi dasar penilaian bagi pemberian penghargaan kepada karya-karya terbaik.

Koordinator pameran Mata Kuliah Rekayasa dan Desain (PRD) Dr. Edi Riawan, S.Si., M.T., mengungkapkan sebelumnya para mahasiswa TPB FITB ITB sebenarnya belum memiliki pemahaman yang mendalam mengenai programming dan coding.

"Namun, berkat pameran ini, semua kelompok mahasiswa mampu menciptakan aplikasi sendiri sebagai pendukung fungsi dari karya-karya yang mereka hasilkan. Hal ini menunjukkan kemampuan adaptasi dan keterampilan yang diperoleh oleh mahasiswa TPB FITB ITB selama mengikuti mata kuliah ini," katanya.

Pameran Mata Kuliah Rekayasa dan Desain ini berhasil menciptakan ruang bagi mahasiswa TPB FITB ITB untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan berinovasi dalam menyelesaikan masalah lingkungan yang dihadapi saat ini.

Harapannya, pameran ini akan mendorong semakin banyak mahasiswa untuk mengembangkan keahlian mereka dalam rekayasa dan desain, serta memperkuat kontribusi FITB ITB dalam mencetak generasi muda yang memiliki pemikiran inovatif dan solutif untuk masa depan yang lebih baik.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download