Mengenal Lebih Dekat FITB Melalui Virtual Open House

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Pada Sabtu (20/5/2023), Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FITB) ITB menyelenggarakan kegiatan Open House secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini mengundang para kepala sekolah, guru-guru SMA, orang tua murid dan khususnya para siswa SMA untuk menjelajahi FITB ITB.

Wakil Dekan Bidang Akademik FITB, Agus Mochamad Ramdhan, S.T., M.T., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan, “Kami berharap siswa bisa mendapat gambaran secara jelas dan utuh dalam melihat potensi ilmu kebumian. Semoga acara ini dapat mendorong semangat pengetahuan, minat, rasa ingin tahu dan memberi motivasi bagi para siswa.”

Mengawali pemaparan, Agus membuka dengan sejarah ITB, melanjutkan dengan penjelasan ilmu dan teknologi kebumian, informasi program studi di FITB termasuk kuliah lapangan, praktikum, dan kegiatan pembelajaran lainnya, hingga prospek kerja, akreditasi dan kesempatan kolaborasi. “Di FITB, mahasiswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam penelitian yang relevan dan berkontribusi pada ilmu pengetahuan kebumian,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi program internasional S1 FITB oleh Dr. Eng. Asep Saepuloh, S.T., M.Eng., Ketua Program Studi Sarjana Teknik Geologi ITB, dan Dr. Idham Andri Kurniawan, S.T., M.T., dosen dari Kelompok Keahlian Petrologi, Vulkanologi, dan Geokimia.

Setelah sesi pemaparan selesai, Karina Aprilia Sujatmiko, S.Si., M.T., selaku moderator membuka sesi tanya jawab. Para peserta Virtual Open House mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mulai dari pendaftaran dan biaya, pelajaran SMA yang relevan dengan mata kuliah di FITB, hingga detail seputar program studi dan bidang keilmuan di FITB.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini berakhir pada pukul 11.00 WIB. Dalam sambutan penutup, Agus menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir pada Virtual Open House FITB. “Kami tunggu adik-adik calon mahasiswa di Bulan September untuk bergabung di FITB ITB,” ungkapnya.

Sebagai lanjutan dari kegiatan Virtual Open House ini, FITB juga akan mengadakan tur laboratorium serta pertemuan langsung dengan para pengajar.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download