ITB Gelar Malam Puncak Pemilihan Duta Kampus ITB di Aula Timur

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Setelah bertugas selama setahun terakhir, Duta Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan regenerasi dengan melakukan kegiatan Pemilihan Duta Kampus ITB 2023. Sesudah melalui serangkaian tahapan panjang, 28 finalis calon Duta Kampus ITB tiba pada malam puncak yang digelar pada Sabtu (3/6/2023) di Aula Timur ITB Ganesha.

Acara malam puncak pemilihan Duta Kampus ITB tersebut dibuka oleh sambutan Direktur Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn. Ia menjelaskan peran dari Duta Kampus ITB sebagai role model dan figur representatif dari karakter mahasiswa ITB.

“Acara pemilihan duta kampus ini ditujukan untuk memilih role model ITB selanjutnya, membantu ITB selama satu tahun, tidak hanya membantu Ditmawa tetapi juga untuk membantu ITB dalam berbagai misi terutama bagian kesekretariatan,” jelasnya.

Ia juga mengulas terkait kebutuhan mahasiswa saat lulus melalui survei yang sudah dilakukan terhadap alumni. Menurutnya, masalah softskill masih menjadi ‘PR’ yang harus diselesaikan oleh Ditmawa ITB. “Oleh karena itu, melalui kegiatan seperti duta kampus ini atau kegiatan kemahasiswaan lain sangat penting dilakukan untuk membangun kompetensi mahasiswa setelah lulus dalam berkarier dan hidup bersama masyarakat,” ujar Dr. Prasetyo.

Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati Soekidjo, M.Comm. Dalam kata sambutannya, ia berharap Duta Kampus ITB dapat membantu Ditmawa agar kegiatan kemahasiswaan kembali meriah pasca pandemi. “Semoga betul-betul menjadi duta kampus yang bisa membangkitkan kembali suasana kemahasiswaan di ITB,” tuturnya.

Dr. Putri juga menjelaskan bahwa saat ini tuntutan perguruan tinggi itu besar. Duta kampus diharapkan bisa berperan dalam membantu rekan mahasiswa agar merasa akrab, merasa senang berkegiatan di kampus, dan mendapat banyak inspirasi dari duta kampus.

Mengakhiri kata sambutannya, ia mengapresiasi para finalis yang sudah mencapai tahap tersebut. “Tidak perlu merasa sedih kalau ga kepilih menjadi duta, kalian sudah sampai pada hal ini saja adalah sebuah pencapaian,” pesannya.

Acara selanjutnya dilanjutkan ke pemberian plakat kepada Duta Kampus ITB 2022 yang sudah bertugas selama setahun terakhir. Dalam kesempatan ini pula, diperkenalkan secara perdana sebuah jingle Duta Kampus ITB yang berjudul “Citra Ganesha”. Acara terus berlanjut hingga uji publik yang dilakukan oleh finalis duta kampus dan ditutup dengan penganugerahan gelar Duta Kampus ITB 2023 kepada pemenang.

Reporter: Kevin Agriva Ginting, GD’20

Foto: Publikasi dan Dokumentasi Panitia DKI 2023


scan for download