ITB Mencari "Mutiara" Terbaik dari Seluruh Indonesia Melalui Program Dukungan Daerah 3T

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


SIARAN PERS
Nomor: 405/IT1.B03.2/HM/2023

29 Mei 2023

BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional, menginginkan agar mampu memiliki mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air.

ITB sangat meyakini potensi yang dimiliki oleh putra-putri terbaik Indonesia di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, ITB selalu berkomitmen untuk mengembangkan potensi Indonesia. Kondisi keterbatasan suatu daerah bukanlah berarti tidak ada potensi putra/i terbaik Indonesia, termasuk di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

ITB percaya bahwa daerah 3T bukanlah kendala yang harus menghalangi putra-putri terbaik Indonesia untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas. Oleh karena itu, ITB telah mengambil inisiatif untuk memberikan bantuan bagi siswa-siswi yang berasal dari daerah 3T untuk memperoleh akses pendidikan tinggi. Bantuan tersebut diwujudkan dalam program Penerimaan Mahasiswa Baru Dukungan Daerah 3T.

ITB selalu mencari potensi-potensi terbaik di Indonesia. Untuk itu, ITB tetap menggunakan kemampuan akademik calon mahasiswa, sebagai satu-satunya kriteria penerimaan mahasiswa baru. Hal tersebut dikarenakan proses pendidikan di ITB membutuhkan dasar kemampuan akademik yang baik agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan tepat waktu.

Dukungan yang diberikan ITB kepada calon mahasiswa dari daerah 3T dalam program ini adalah pembebasan biaya pendaftaran, biaya pendidikan selama menjadi mahasiswa baru, serta program pendampingan selama menjadi mahasiswa baru. Bentuk pendampingan tersebut di antaranya ITB menyediakan tim dosen dan asisten mahasiswa yang memberikan tutorial, kelas pendalaman materi, dll. agar mahasiswa dari program dukungan daerah 3T dapat beradaptasi dengan baik.

Selain aspek akademik, ITB juga memberikan program pendampingan nonakademik, seperti program mengenal kota Bandung dan sekitarnya, konseling, hingga wisata dan olahraga bersama.

Syarat bagi calon mahasiswa yang dapat mengikuti program dukungan daerah 3T adalah menjadi lulusan dari sekolah menengah atas di daerah 3T seperti yang tercantum di laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/program-3t.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Institut Teknologi Bandung
Dr. Naomi Haswanto, S.Sn., M.Sn.


scan for download