Rayakan 35 Tahun Kebersamaan, Alumni Angkatan 88 ITB Tanam 88 Pohon di Gunung Geulis

Oleh Adi Permana

Editor -


JATINANGOR, itb.ac.id — Dalam rangka merayakan kebersamaan 35 tahun, para alumni Angkatan 88 Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan SITH ITB mengadakan kegiatan penanaman 88 pohon di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Pendidikan Gunung Geulis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

Salah satu alumni Angkatan 88 ITB sekaligus Dekan SITH ITB, Prof. Endah Sulistyawati, Ph.D. menyampaikan, dalam persiapan menuju perayaan ulang tahun yang akan dilangsungkan pada bulan September, alumni Angkatan 88 ITB memiliki gagasan untuk berbagi pengalaman dan membantu sesama. Mereka telah memulai serangkaian kegiatan, termasuk mengikuti kegiatan ITB Ultra Marathon dan melaksanakan aksi sosial di daerah KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis.

“Temen-temen saya itu pengen melakukan aksi sosial. Kita pengen berbagi untuk masyarakat dan melakukan sesuatu untuk lingkungan,” ungkap Prof. Endah.
Perjalanan ke KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis dilakukan bersama menggunakan elf dari dua titik keberangkatan, yaitu Kampus Ganesha dan Kampus Jatinangor. Kendaraan pribadi peserta akan diparkir di kampus untuk memudahkan koordinasi.

KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis dipilih sebagai lokasi penanaman pohon karena letaknya yang strategis yaitu dekat dengan Bandung. Selain itu, desa-desa di sekitar KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis telah menjadi desa binaan oleh SITH ITB. Dalam upaya rehabilitasi, penanaman pohon dilakukan di area bekas kebakaran yang ditetapkan sebagai zona restorasi oleh manajemen KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis.


Pihak SITH ITB dan KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis menyiapkan jalur tracking serta menjaga keamanan dan keselamatan untuk peserta karena perjalanan menuju lokasi yang berada di tempat yang tinggi.

Dalam kegiatan penanaman pohon ini, 88 pohon dari 10 jenis kayu lokal pegunungan Jawa Barat telah disiapkan. Tim alumni Angkatan 88 ITB juga telah melakukan survei untuk memahami kebutuhan masyarakat setempat.

“Ada masalah air bersih, ada masalah MCK yang perlu dibantu,” jelas Prof. Endah.

Berdasarkan hasil diskusi dengan pemuka masyarakat setempat, tim teknik lingkungan dari alumni Angkatan 88 ITB berkolaborasi dalam mencari pemecahan masalah dan pendanaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, tim-tim lain dari angkatan tersebut dengan keahlian masing-masing juga turut membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat setempat.

Kegiatan ini juga disediakan tenda dan panggung untuk acara sederhana. Menu makanan yang disediakan berasal dari warga lokal, sehingga memberikan kebahagiaan dan kebersamaan dalam perayaan ini.

Kegiatan penanaman pohon dan aksi sosial oleh alumni Angkatan 88 ITB di KHDTK Hutan Pendidikan Gunung Geulis merupakan wujud nyata dari semangat kebersamaan dan kontribusi positif mereka terhadap masyarakat dan lingkungan. Melalui kegiatan ini, mereka berharap dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi daerah sekitar dan menginspirasi generasi berikutnya untuk melakukan tindakan positif yang serupa.

Reporter: Ardiansyah Satria Aradhana (Rekayasa Pertanian, 2020)
Foto: Panitia Kegiatan Penanaman SITH


scan for download