ITB dan Seoul National University Sepakat Berkolaborasi dalam Pengembangan Riset

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG,itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) sepakat menjalin kerja sama dengan Seoul National University (SNU), Korea Selatan terkait pertukaran ilmu dan pengembangan penelitian.

MoU tersebut ditandatangani pada Senin, 6 Februari 2023 oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dengan Seoul National University yang diwakilkan oleh Yoo Suk Hong, selaku Dekan College of Engineering SNU.

Memorandum of Understanding on Academic Exchangers antara Institut Teknologi Bandung dengan College of Engineering Seoul National University, Korea dilaksanakan di Rapim A Gedung Rektorat ITB dan dihadiri oleh perwakilan dari fakultas/sekolah yang ada di ITB.

Dalam sambutannya, Prof. Reini menjelaskan MoU tersebut merupakan sebuah awal yang baik untuk kolaborasi antara Indonesia dan Korea dalam mengembangakan di bidang riset dan penelitian khususnya di bidang baterai. ITB ingin memperluas kolaborasi hingga di tingkat internasional. Keinginan tersebut dapat terwujud karena ITB memiliki sumber daya yang cukup baik dari segi manusia hingga penelitian yang telah dikembangkan.

Yoon, Je Yong juga menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan untuk dapat berkolaborasi serta dapat berkunjung langsung ke ITB. Hal ini merupakan sebuah tonggak pencapaian bagi SNU untuk dapat bekerja sama dengan ITB. “The MoU is very promising in the future,” jelas Yoon, Je Yong.

Nota MoU ini mengatur bahwa kedua Universitas telah setuju untuk mengembangkan kegiatan penelitian dan pendidikan seperti pertukaran personil pengajar dan peneliti serta pertukaran mahasiswa.

Kolaborasi dalam proyek penelitian serta pertukaran informasi mengenai data penelitian dan publikasi akademik juga diatur dalam MoU tersebut. Selain itu, kedua Universitas juga berjanji untuk saling mendukung dalam bidang finansial yang dibutuhkan selama keberlangsungan kerja sama. MoU yang telah disepakati akan berlaku selama 5 tahun kedepan dan diharapkan dapat diperpanjang guna untuk kemajuan penelitian yang akan dilakukan.

Reporter: Tarisa Putri (Teknik Kimia 2019)


scan for download