Himpunan Mahasiswa di ITB Berkolaborasi Melaksanakan Kegiatan Sosial Kemasyarakatan ke Rumah Pejuang Kanker Ambu

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id–Tiga himpunan mahasiswa di Institut Teknologi Bandung berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan ke Rumah Pejuang Kanker Ambu (RPKA) di Jl. Bijaksana Dalam No.11, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung pada Sabtu (14/1/2023).

RPKA adalah rumah singgah bagi pejuang kanker yang didirikan oleh Ibu Dewi yang kerap disapa Ambu. Ia mendirikan rumah singgah ini sebagai wujud rasa syukurnya yang pernah merawat anaknya selama 2,5 tahun terkena kanker. RPKA bergerak membantu para pejuang kanker dengan memberikan fasilitas berupa rawat inap, pendampingan pengobatan, ruang kreatif dan layanan penunjang proses pengobatan secara gratis. Saat ini RPKA mendampingi kurang lebih 400 pasien mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang pengobatannya dibantu melalui BPJS serta Yayasan Rumah Pejuang Kanker Ambu yang menanggung obat-obatan.

Kunjungan ke RPKA sendiri merupakan salah satu program kerja ‘vadra for society’ yang menitikberatkan pada kolaborasi kebermanfaatan mahasiswa dalam bentuk nyata kembali mengabdi melalui himpunan untuk lingkungan sekitar. Tidak hanya berkunjung sendiri, kolaborasi antarhimpunan dilakukan untuk meningkatkan interaksi dan memperluas kebermanfaatan yang diterima sehingga tidak hanya lingkup internal saja yang merasakan.

Selain memberikan bantuan berupa donasi, menghibur dan bermain bersama anak-anak pejuang kanker juga merupakan bagian dari kunjungan tersebut sehingga mahasiswa dapat melihat dan merasakan interaksi yang lebih dekat dengan pejuang-pejuang kanker.

“Harapannya, teman-teman bisa lebih peka untuk bisa membantu masyarakat sekitar, sekaligus terus bersedekah. Salah satunya dengan cara menggembirakan masyarakat yang sedang memperjuangkan hidupnya,” ujar Najaah Sabila selaku Ketua HMPP ‘Vadra’ periode 2022/2023.

Reporter: Najma Shafiya (Teknologi Pascapanen, 2020)


scan for download