ITB Juara Umum ONMIPA 2022 dengan Raihan 14 Penghargaan

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id--Institut Teknologi Bandung meraih prestasi gemilang dengan keluar sebagai Juara Umum pada perhelatan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) 2022, yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek di Universitas Brawijaya pada 18-23 september 2022.

Pada ONMIPA tahun 2022, ITB meraih juara umum dengan total 14 penghargaan, di antaranya 4 medali emas, 7 medali perak, 2 medali perunggu, dan 1 honorable mention.

Adapun peraih medali emas pada bidang Fisika diraih oleh Arkananta Rasendriya (Fisika), dan emas di bidang Kimia diraih oleh Muhammad Dzul Fakhri (Kimia), Epafroditus Kristiadi Susetyo (Kimia), I Gde Wira Wisnanta Dharma (Kimia).

Medali perak diraih oleh William Sean Hendarto (Matematika) bidang matematika, Arkan Faruqi Narawangsa (Kimia) kimia, Rahmat Esar Salsabil (Aktuaria) bidang matematika, Bayu Dwiputra (Kimia) bidang kimia, Muhammad Alifaldi Ramadhan Al-Faritsi (Teknik Fisika) bidang fisika, Dean Hartono (Aktuaria) bidang matematika, dan Muhammad Irsyad (Biologi) bidang biologi.

Kemudian medali perunggu diraih oleh Aulia Anshari Rahman (Fisika) pada bidang Fisika dan Dzakwanil Hakim (Biologi) pada bidang biologi. Untuk honorabel mention diraih David Sugijanto (Teknik Dirgantara) pada bidang fisika.

Salah satu pembimbing delegasi ITB pada ONMIPA 2022, Dr. Getbogi Hikmawan, S.Si., M.Si., menyampaikan syukur karena dengan potensi dan determinasi yang luar biasa dari mahasiswa ITB, kita dapat meraih prestasi yang membanggakan di tingkat nasional, menjadi juara umum ONMIPA 2022. "Selanjutnya semoga prestasi ini dapat kita pertahankan di tahun depan serta di tahun-tahun berikutnya," ujar pembimbing di kategori fisika tersebut.

Tak lupa, delegasi juga menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Kemahasiswaan ITB yang telah memberikan pendampingan maksimal bagi mahasiswa saat pelaksanaan lomba tingkat nasional di Universitas Brawijaya, Malang.


scan for download