ITB Menjadi Ketua Forum Komunikasi Penyelenggara Program Profesi Insinyur

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Tahun ini Institut Teknologi Bandung diberi kepercayaan untuk menjadi ketua Forum Komunikasi Penyelenggara Program Profesi Insinyur (Forkom PPPI) dengan ketua umumnya yaitu Ir. M. Agus Kariem, S.T, M.T, Ph.D., IPM. Pemilihan ketua dilakukan setelah Kongres Nasional II Forum Komunikasi Penyelenggara Program Profesi Insinyur seluruh Indonesia.

Seluruh peserta kongres juga mengikuti diskusi panel yang diisi oleh 3 pembicara yaitu Dirjen Diktiristek yang diwakili Direktur Kelembagaan Dr. Lukman, ST., M.Hum, Ketua Umum PII diwakili oleh Ketua Bapel Profesi Insinyur Prof. Ir. Asep Kurnia Permadi, M.Sc., PhD., IPU., dan Prof. Dr. Ir. Danu Ariono, IPM. (LAM Teknik) dengan dipandu oleh moderator Prof. Ir. I Wayan Redana, M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN Eng. Agenda pada pertemuan tersebut yaitu sesi pagi dilaksanakan kongres, dan sesi siang berisi laporan pertanggungjawaban pengurus periode sebelumnya, pemilihan ketua, dan penyampaian susunan pengurus inti.

Program Profesi Insinyur (PPI) adalah program studi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi Indonesia agar seseorang dapat memperoleh gelar profesi insinyur. Orang-orang yang dapat mengikuti PPI harus memiliki Pendidikan strata satu di bidang teknik atau terapan bidang teknik, lulusan perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri yang telah disetarakan. Sarjana Sains dan Sarjana Pendidikan Teknik juga dapat mengikuti program ini dengan terlebih dahulu melakukan proses penyetaraan. ITB menawarkan 19 sub-program studi PPI dengan harapan menopang pembangunan infrastruktur dan industri tanah air. Di samping itu, Forkom PPPI adalah wadah komunikasi antara penyelenggaraan PPI seluruh Indonesia.

“Saya berharap FORKOM tahun ini pengurus semakin kompak, sesama penyelenggaraan PPI semakin bisa saling bekerja sama, saling berbagi pengalaman antar satu universitas dengan universitas lainnya,” kata dosen di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB itu kepada Reporter Humas ITB (24/8/2022).

Agus Kariem mengikuti kegiatan Forkom PPPI sejak dia diangkat sebagai Kepala Sub Direktorat/Kepala Program Studi Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) pada 2020. Selain menjadi anggota, dia aktif sebagai salah satu perwakilan ITB di kepengurusan sebelumnya.

Agus Kariem berharap Forkom PPPI menjadi wadah komunikasi antar penyelenggara PPI Indonesia yang saling membantu dan mendukung demi terwujudnya insinyur yang andal, kompeten, dan profesional. Forkom PPPI mempunyai misi untuk mewujudkan komunikasi secara dua arah terhadap anggota-anggotanya, meningkatkan mutu PPI, menjaga kualitas lulusan dengan penerapan standar minimal, serta menjaga hubungan baik dengan setiap unsur dan insan keinsinyuran.

Menurutnya, saat ini PPI sudah mulai berjalan tetapi standar minimalnya belum disiapkan. Oleh karena itu, ia berencana untuk lebih menyempurnakan kepengurusan melalui pekerjaan internal maupun eksternal kepengurusan supaya kerja sama dapat terjalin dengan berbagai pihak sekaligus mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum PSPPI dan kesadaran masyarakat umum.

“Saya berharap Forkom PPPI tahun ini mendapatkan dukungan ITB agar kepengurusan kali ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.” Dia menambahkan, “Saya juga berharap lewat Forkom ini para insinyur lulusan PSPPI di Indonesia dapat melakukan praktik keinsinyuran secara kompeten, profesional dan legal, serta pemerintah Indonesia untuk segera membentuk Dewan Insinyur Indonesia sesuai dengan Amanah UU 11 Tahun 2014,” ujarnya.

Reporter: Ruth Nathania (Teknik Lingkungan, 2019)


scan for download