Mahasiswa KKN Kolaborasi ITB Buat Masterplan Perencanaan Pembangunan Kampung Wisata Kidul Sawah

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

*Penyerahan print out dokumen masterplan perencanaan pembangunan kampung wisata kidul sawah oleh Perwakilan KKN K ITB (Kiri : Fidelia Naomi K. Aritonang [PWK’20]) kepada Kepala Dusun Mulyoarjo (Kanan : Dedi). Foto: Raras Wening Pratiti.

LUMAJANG, itb.ac.id—Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi (KKN K) ITB 2022 telah resmi selesai pada Minggu (7/8/2022) setelah berlangsung selama 14 hari. Tim KKN K ITB 2022 mengusung tema pengembangan pariwisata dengan salah satu program yang dibawakan oleh tim KKN K ITB 2022 adalah masterplan perencanaan pembangunan Kampung Wisata Kidul Sawah.

Penyusunan dokumen masterplan ini secara efektif hanya berlangsung selama 8 hari. Dengan keterbatasan waktu itu, tim KKN K ITB mampu menuntaskan dokumen masterplan secara maksimal dengan bantuan para dosen pembimbing.

Berdasarkan masterplan, Kampung Wisata Kidul Sawah akan berada di Dusun Mulyoarjo, Pronojiwo. Dusun ini terpilih karena memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap untuk pembangunan kampung wisata. SDM yang baik ini menjadi sangat penting karena perencanaan pembangunan Kampung Wisata Kidul Sawah akan mengintegrasikan objek wisata yang telah ada di dusun dengan pembangunan fasilitas wisata tanpa menghilangkan budaya masyarakat setempat.

Setelah dokumen masterplan siap, tim KKN K ITB mengadakan sosialisasi masterplan di Gazebo Dusun Mulyoarjo, Pronojiwo pada hari Jumat (05/08/2022) dini hari. Sosialisasi ini dihadiri oleh warga setempat dan stakeholder terkait. Pemaparan menggunakan media cetak berupa handout masterplan perencanaan pembangunan Kampung Wisata Kidul Sawah. Diwarnai oleh antusiasme warga Dusun Mulyoarjo, kegiatan sosialisasi masterplan berjalan dengan lancar.

*Sosialisasi masterplan di gazebo Mulyoarjo oleh mahasiswa KKN K ITB. Foto: Nevin Zulfianda Pradana.

Penyerahan dokumen masterplan perencanaan pembangunan Kampung Wisata Kidul Sawah dilakukan keesokan harinya, pada hari Sabtu (6/8/2022) dini hari. Penyerahan dilakukan oleh Fidelia Naomi K. Aritonang sebagai perwakilan tim KKN K ITB dan Dedi sebagai Kepala Dusun Mulyoarjo.

Reporter: Nevin Zulfianda Pradana (Rekayasa Kehutananan, 2020)


scan for download