Mahasiswa Arsitektur ITB Ikuti Perkuliah “MBKM” Workshop Desain Komputasi

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id—Prodi Arsitektur ITB pada peralihan semester ini membuka kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Workshop Desain Komputasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa dua wawasan dan keterampilan utama, yaitu aplikasi algoritma pada desain serta building information modelling (BIM). Dua materi ini sebelumnya merupakan mata kuliah pilihan prodi arsitektur, namun saat ini dipadatkan menjadi workshop. Kegiatan workshop yang tengah berlangsung ini diampu oleh dosen arsitektur, Aswin Indraprastha, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D.

Rangkaian aktivitas ini diselesaikan dalam waktu 12 hari. Materi aplikasi algortima diselesaikan dalam waktu 6 hari dan segmen BIM dilanjutkan selama 6 hari setelahnya. Di tiap akhir sesi utama, mahasiswa diberikan kesempatan menerima kuliah tamu dari profesional dan akademisi di dunia profesional mengenai topik materi kuliah yang telah dipelajari.

Dalam pertemuan akhir sesi Aplikasi Algoritma dalam Desain, 7 Agustus 2022, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menerima kuliah tamu dari dua narasumber doktoral yang saat ini berkecimpung di dunia riset desain komputasional dan implementasinya. Kedua narasumber, Zuardin Akbar dan Michael Johannes membawakan materinya langsung dari Jerman.

Michael Johannes menjelaskan contoh aplikasi AI untuk mengidentifikasi tipologi rumah swiss-house dan mengajari mesin mampu membuat rumah dengan gaya yang sama tanpa bantuan tangan manusia. Sedangkan, Zuardin menjelaskan contoh riset analisis karakter mikro kayu menggunakan AI untuk optimasi penggunaan dan variasi kayu dapat dicapai.

Pada akhir sesi kedua Pengenalan BIM, 13 Agustus 2022, kuliah tamu menghadirkan Gildan Satria, BIM Manager dari Waskita Karya dan Bhima Rahadi, Koordinator BIM dari PWD Architects. Pada acara tersebut, Gildam menjelaskan aplikasi metode BIM di dunia konstruksi modern. Kemudian, Bhima menjelaskan penggunaan BIM dalam dunia konsultan arsitektur dan peran-peran seorang BIM Coordinator. Kedua wawasan penggunaan BIM dalam dunia profesional yang berbeda ini diberikan pada mahasiswa untuk menambah kaya wawasan mereka.

Dalam kuliah tamu sesi kedua ini, Gildam dan Bhima juga menjawab pertanyaan mahasiswa dan menjelaskan bahwa BIM ini merupakan suatu keadaan baru dalam industri AEC (Architectural, Engineering and Construction). BIM digunakan sejalan dengan pekerjaan namun juga termasuk sebuah ilmu tersendiri yang harus terus dipelajari.

Kedua kuliah tamu yang juga terbuka untuk umum ini dilaksanakan secara hybrid. Mahasiswa peserta MBKM diwajibkan datang ke lantai 3 labtek IXB Arsitektur dan kalangan umum dapat juga menghadiri via zoom. Akhir rangkaian MBKM Desain Komputasi ini adalah pameran karya yang rencananya akan dibuka pertengahan September 2022.

Reporter: Madeline Abigail Lukito (Arsitektur, 2020)


scan for download