Bahas Metaverse dalam Dunia Bisnis, SBM ITB Selenggarakan ICMEM 2022

Oleh Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id--7th International Conference on Management in Emerging Markets (ICMEM) 2022 digelar Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) secara virtual pada Rabu hingga Jumat (10-12/8/2022). ICMEM ketujuh ini mengangkat tema “Diving into MetaVerse: The Future of Business & Management in Emerging Markets”.

Metaverse adalah dunia virtual 3D yang diciptakan menggunakan teknologi augmented reality, virtual reality, dan video, di mana pengguna dapat merasakan hidup dalam dunia virtual. Fenomena dunia maya metaverse tidak hanya menarik bagi investor tetapi juga para pelaku bisnis. Seiring dengan perkembangan metaverse, tentunya banyak pebisnis yang melihat kehadiran metaverse sebagai peluang bisnis baru. Selain itu, ke depannya metaverse akan mendorong munculnya model bisnis baru. Metaverse bisa mendorong kegiatan nonpermainan di dalam sebuah permainan sehingga perusahaan bidang permainan dan perusahaan lain akan bisa memonetisasi hal itu.

Ketua Panitia Kurnia Fajar mengatakan, ICMEM 2022 menyelenggarakan diskusi penelitian tentang topik bisnis dan manajemen yang sangat relevan, mulai dari industri 4.0, metaverse industri terbaru, blockchain games, dan data analitik hingga masalah sustainability. Selain itu, dua acara pendamping juga akan digelar bersamaan dengan ICMEM 2022, yaitu Swiss Innovation Challenge Indonesia (SICA) dan International Graduate Colloquium (IGC). IGC merupakan wadah bagi mahasiswa pascasarjana untuk mempresentasikan dan mendiskusikan karya penelitian mereka yang sedang berkembang, seperti penelitian mutakhir dan pengembangan model konseptual, temuan empiris, dan lainnya.

Kegiatan ICMEM 2022 akan diawali dengan sambutan dari Rektor ITB Prof Reini Wirahadikusumah dan turut mengundang Menteri Pariwisata dan6 Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno. Selain itu, Dekan SBM ITB Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng.

"ICMEM 2022 juga akan menghadirkan narasumber dari dalam negeri dan luar negeri diantaranya Professor and Director of Finance Programs Chair, Administrative Science Department Metropolitan College, Boston University Prof. Irena Vodenska, pada hari pertama ICMEM 2022," kata Kurnia, Rabu (10/8/2022).

Sementara, narasumber pada hari kedua yaitu Executive Chairman WIR Group 2022 Daniel Surya, Head of ICT Profession and Certifications Development Center, Ministry of Communication and Informatics of the Republic of Indonesia Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc., Adjunct Professor University of Chicago, Booth School of Business Alfred Boediman, Ph.D, dan Director of Big Data and Business Analytics Laboratory, School of Business Management ITB Dr.Eng. Manahan Siallagan, S.Si, MT, M.Sc.

Beberapa agenda ICMEM 2022 yang akan diadakan seperti presentasi paper dan diskusi paper penelitian. Selain itu, akan ada beberapa workshop dari Samsung, workshop gamifikasi dari Laboratory of Educational Games (LEG) SBM ITB, dan sesi writing workshop oleh Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Keuangan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret Prof. Irwan Trinugroho.

Sumber: Rilis SBM ITB


scan for download