Tim Peduli Pesisir ITB Tanam 400 Mangrove di Pantai Cemoro Sewu

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Hutan mangrove di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Namun, tiap harinya kerusakan hutan mangrove luasnya mencapai 700 hektare. Hal ini disebabkan karena adanya alih fungsi lahan, abrasi, dan eksploitasi kayu yang berlebihan. Berangkat dari latar belakang tersebut, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Tim Peduli Pesisir melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Degayu. 300 bibit mangrove jenis Rhizophora dan 100 bibit mangrove jenis Bruguiera berhasil ditanam pada Jumat (17/6) di Pantai Cemoro Sewu.

Mangrove sendiri menyimpan segudang manfaat. Kayunya mampu digunakan untuk bahan bangunan, akarnya dapat menjadi penyaring garam dan mengurangi salinitas air laut, buahnya bisa disulap menjadi tepung, sirup, keripik, dan untuk jenis Rhizophora berpotensi dijadikan pewarna alami. “Semoga nantinya batik Pekalongan bisa beralih menggunakan pewarna yang lebih alami dan tidak mengotori sungai kita,” harap Eni, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan.

Salah satu pemerhati lingkungan di Degayu, Amy Hanan, telah puluhan tahun mencurahkan waktu dan tenaganya untuk menanam mangrove. Hal ini ia lakukan agar bisa menyediakan benteng alami untuk mengurangi dampak banjir rob yang melanda pesisir utara Kota Batik tersebut.

Keinginannya adalah menghadiahi anak cucu supaya bisa mengecap udara yang segar, lingkungan yang sehat, dan pantai yang bersih. “Alam bisa rusak karena siklus alami dan tabiat buruk manusia. Sebagai masyarakat, kita harus mencintai dan merawat alam karena kita bergantung padanya,” ujar Amy.

Kegiatan penanaman mangrove tersebut juga menggaet komunitas Masyarakat Pecinta Alam Nusantara (MAPAN), Pramuka Kwartir Cabang Kota Pekalongan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan, dan warga Kelurahan Degayu. Nana, salah satu siswi SMA 3 Pekalongan, mengaku antusias dengan kegiatan ini. “Saya jadi bisa ikut praktik menanam mangrove dan meningkatkan kepedulian akan isu yang mengakar di daerah saya,” terangnya.

Pada Jumat (24/6), Tim Peduli Pesisir juga melangsungkan kegiatan pelatihan pembuatan alat desalinasi dan filtrasi air laut serta sosialisasi adaptasi masyarakat dalam menghadapi banjir rob di Pekalongan Utara. Hal itu mendapat sambutan baik dari pemkot setempat.

Reporter: Maharani Rachmawati Purnomo (Oseanografi, 2020)


scan for download