STEI ITB dan Alibaba Cloud Berkolaborasi Selenggarakan Webinar Perkembangan Kecerdasan Buatan dan Cloud Computing

Oleh Adi Permana

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.


BANDUNG, itb.ac.id – Teknologi Informasi kini menjadi salah satu sektor yang paling berkembang dan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Berbagai pekerjaan manusia dapat terbantu dengan berbagai teknologi dan fitur canggih. Beberapa contoh teknologi yang semakin berkembang pesat adalah kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan komputasi awan (cloud computing).

Perusahaan teknologi multinasional Alibaba Cloud dari Alibaba Group berkolaborasi dengan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (STEI ITB) untuk menyelenggarakan webinar tentang perkembangan kecerdasan buatan dan komputasi awan pada Jumat (10/6/2022). Materi pada acara ini dipaparkan oleh Solutions Architect Alibaba Cloud Indonesia, Matthew Taruno.

“Teknologi komputasi awan memberikan kemudahan dan efisiensi dalam tiga hal utama yaitu security, storage, dan scalability,” papar Matthew. Berbagai kemudahan dapat diperoleh dari penggunaan komputasi awan seperti perlindungan dari ancaman keamanan siber, optimasi biaya, modernisasi data, dan masih banyak lagi. “Salah satu kekuatan dari digitalisasi komputasi awan adalah akses data center yang dapat dicapai secara virtual,” jelas Matthew.

Sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia teknologi informasi, terdapat beberapa pengetahuan penting terkait cloud computing yang harus diketahui. Mulai dari mengatur dan mengoperasikan cloud server, mengelola trafik yang padat dengan load balancer, dan mengoperasikan database relasional pada cloud. Dengan memahami berbagai pengetahuan tersebut, kita dapat mengimplementasikan komputasi awan menjadi teknologi yang cost effective solution. “Hingga kini, Alibaba Cloud memiliki server di berbagai negara di dunia dan memiliki 3 data center di Indonesia”, pungkas Matthew.

Berbagai fitur yang diberikan Alibaba Cloud untuk para penggunanya juga beragam. Mulai dari teknologi know your customer (KYC), mobile first, sales and service, collaboration suit, dan customer notifiication. Selain itu, teknologi komputasi awan dari Alibaba Cloud juga dapat dipakai untuk membantu decision making dengan trusted data driven pada berbagai pekerjaan seperti stock market data, digital engagement, machine learning, hingga pencegahan pencucian uang yang semuanya terbantu dengan teknologi kecerdasan buatan. Keamanan dari teknologi komputasi awan ini juga dijaga oleh end to end security dan security compliance.

Reporter: Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)


scan for download