Studi Banding PPID ITB: Gali Kesuksesan UGM dan UNY dalam Pelayanan Informasi Publik

Oleh Adi Permana

Editor -


Yogyakarta - ppid.itb.ac.id, Perwakilan Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ITB pada tanggal 18 sampai 20 Mei 2022 melakukan studi banding ke Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Studi banding ini bertujuan untuk mempelajari dan berbagi pengalaman dalam menjalankan tugas sebagai PPID di UGM dan UNY dengan harapan dapat meningkatkan kualitas PPID ITB.

Tim PPID ITB yang berkunjung ke UGM dan UNY terdiri atas Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Publikasi Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Diky Purnama, S.Si., M.Ds., Kepala Subbagian Dokumentasi Data dan Informasi Biro Administrasi Umum dan Informasi ITB Ella Nurlaila Jamilah, S.Sos., Staf Legal Kantor Hukum ITB Hendy Sumadi, S.H., M.H., dan Staf Teknologi Informasi Direktorat Kemahasiswaan ITB Danial, S.Si., M.T.

Di UGM, Tim PPID ITB diterima oleh Sekretaris Rektor UGM, Drs. Gugup Kismono, M.B.A., Ph.D., Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol UGM, Dina W. Kariodimedjo, S.H., LL.M., Ph.D., dan Kepala Seksi Layanan Informasi Bidang Humas dan Protokol UGM Hestining Kurniastuti, S.S.

Dalam sambutannya Sekretaris Rektor UGM mengatakan bahwa prestasi PPID UGM di antaranya dicapai dengan komitmen Rektor UGM dan pelayanan kepada masyarakat dan sivitas UGM. "Prestasi PPID UGM dapat dicapai diantaranya dicapai dengan memfasilitasi masyarakat umum dan sivitas UGM agar mudah mencari lokasi gedung PPID dengan membuat QR Code. Selain itu, yang paling penting adalah komitmen pimpinan tertinggi universitas dalam menghadiri monev PPID memberikan kenaikan penilaian dari KIP. Lalu ada dua segmen utama inovasi, yaitu memberikan layanan pada segmen khusus yaitu difabel dengan tujuan menjadi kampus yang inklusif dan memberikan perhatian khusus pada kekerasan seksual di lingkungan kampus", paparnya.


Sementara itu, di UNY, Tim PPID ITB diterima oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. Siswantoyo, S.Pd., M.Kes., AIFO., Tim Pokja Bidang Humas, Promosi, dan Komersialisasi Prof. Dr. Anwar Efendi, M.Si., Koordinator Kerja Sama dan Humas Yuyun Farida, M.Biotech., dan Subkoordinator Humas Sudaryono, S.Pd.

Ketika menyambut tim PPID ITB, Prof Siswantoyo mengungkapkan bahwa PPID UNY belum lama bekerja, namun terus belajar dan bekerja keras meningkatkan kinerjanya. “PPID UNY belum lama, dicekoki Teh Gercep (Teh Gerak Cepat) supaya bisa mitigasi bencana, jika tidak mau gagal maka harus tahu dimana letak kegagalan. Jika mau sukses harus tahu jalan pintas tanpa mengurangi maksud dan tujuan. Lalu harus selalu mencari jalan terbaik serta selalu mengutamakan keterbukaan. Kebersamaan dan kerjasama serta kemitraan dengan ITB semakin membuat UNY semakin juara”, sambutnya.

Berdasarkan data dari Komisi Informasi Pusat, pada kurun waktu 2019-2021, UGM dan UNY merupakan salah satu PTN yang Informatif dengan kinerja yang prestatif. Oleh karena itu, keduanya menjadi salah satu lokasi pada Program Studi Banding PPID ITB ke PPID PTN lainnya pada tahun ini.


scan for download