ITB Career Day 2022: Mengenal Perjalanan Meniti Karier di Bank Indonesia

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id– ITB Career Center menyelenggarakan serangkaian webinar pengenalan dunia kerja dalam acara “Virtual ITB Integrated Career Days 2022”. Pada acara ini, ITB Career Center mengundang berbagai perusahaan untuk mengenalkan dunia kerja kepada para mahasiswa dan lulusan baru. Pada Kamis (19/5/2022), Bank Indonesia mengadakan webinar yang membahas tentang peluang karier, jenjang karier, dan seleksi PCPM di Bank Indonesia. Materi pada webinar ini disampaikan oleh Manajer Divisi Rekrutmen Bank Indonesia, Yustitia Asri Ertaningrum.

Sebagai pengenalan, Asri menjelaskan tentang tujuan, visi, dan pilar utama dari Bank Indonesia. “Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki tujuan utama yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Bank Indonesia memiliki visi untuk menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di antara negara emerging markets untuk Indonesia Maju,” papar Asri.

Adapun pilar utama tugas Bank Indonesia di antaranya adalah menjaga stabilitas moneter, menjaga stabilitas sistem pembayaran, dan menjaga stabilitas sistem keuangan. Bidang tugas di Bank Indonesia terbagi ke dalam lima bagian yaitu manajemen intern, sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, stabilitas sistem keuangan, market, dan moneter.
Bank Indonesia juga memiliki budaya kerja yang tertuang pada Nilai-Nilai Strategis (NNS) Bank Indonesia. Nilai-Nilai Strategis Bank Indonesia terdiri dari lima nilai yaitu professionalism yang berarti bekerja dengan bertanggung jawab atas dasar kompetensi terbaik, excellence yaitu upaya untuk melakukan usaha yang terbaik dan menciptakan nilai tambah saat bekerja, public interest yaitu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, trust and integrity yaitu membangun kondisi saling menghormati, dan coordination and teamwork yang berarti membangun sinergi yang berkesinambungan.

Lantas, bagaimana untuk bergabung dan bekerja sebagai karyawan bersama Bank Indonesia? “Ada empat jalur rekrutmen yang dimiliki Bank Indonesia. Pertama ada jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM), general hire, contractual hire, dan multi-level entry/special hire,” jelas Asri. Asri juga memaparkan bahwa jalur PCPM ini mirip dengan jalur Management Trainee yang ditujukan untuk menduduki kursi-kursi strategis di Bank Indonesia. Proses rekrutmen pada jalur PCPM akan diisi dengan serangkaian program eksplorasi, pengembangan kompetensi, dan branding.

Lalu ada jalur general hire yang ditujukan untuk mengisi posisi yang bersifat administratif, jalur contractual hire yang ditujukan untuk posisi project based dengan durasi masa kontrak maksimal 5 tahun, dan jalur special hire / multi-level entry yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan SDM dengan pengalaman dan kompetensi tinggi di bidang yang spesifik. Selain itu, Bank Indonesia juga membuka lowongan pada program Kampus Merdeka.

Terkait program Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) Bank Indonesia, terdapat beberapa perbedaan dengan jalur karier lain. “Jalur PCPM ini merupakan jalur karier segmen pimpinan yang menjadi jalur paling prestisius di Bank Indonesia. 5 dari 6 anggota dewan gubernur di Bank Indonesia merupakan alumni PCPM.

Program Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) ini dibuka melalui dua jalur yaitu program open recruitment yang dibuka secara umum mulai Agustus 2022 melalui recruitment website resmi Bank Indonesia dan media sosial Bank Indonesia, dan jalur targeted recruitment yang dibuka khusus lulusan perguruan tinggi negeri yang bekerja sama dengan Bank Indonesia. Program ini dibuka pada bulan Juni 2022.

Reporter: Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)


scan for download