Kepala Observatorium Bosscha, Premana W. Premadi Raih Penghargaan Inspiring Women 2022

Oleh Adi Permana

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.


BANDUNG, itb.ac.id--Sebanyak 10 tokoh perempuan dan lembaga, Kamis (19/5/2022), meraih penghargaan Inspiring Women 2022 dari Beritasatu, salah satunya adalah astronom wanita dari Institut Teknologi Bandung, Dra. Premana Wardayanti Premadi, Ph.D.

Di lingkungan ilmuwan astronomi tanah air dan dunia, dosen dari KK Astronomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam itu sudah tidak asing lagi. Ia adalah wanita Indonesia pertama peraih gelar doktoral di bidang astrofisika. Kepala Observatorium Bosscha ITB mendapat penghargaan tersebut atas dedikasinya di bidang astronomi.

Selain Premana W. Premadi, pada ajang tersebut, dewan juri juga memilih Nurhayati Subakat (Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation) sebagai Inspiring Women 2022 Kategori Corporate Leader. Ia merupakan alumni Sekolah Farmasi ITB.

Dewan juri menilai 10 tokoh dan lembaga tersebut layak menerima penghargaan dalam event yang digelar untuk memperingati Hari Perempuan Internasional dan Hari Kartini.

Inspiring Women 2022 diawali dengan proses penjaringan calon penerima penghargaan hingga penjurian yang berlangsung sekitar empat bulan. Ada sekitar 120 usulan nama perseorangan serta lembaga dari berbagai pihak serta penjaringan tim internal. Dari jumlah tersebut, tim internal melakukan seleksi awal dan lolos 80 nama perseorangan dan lembaga.

Dalam seleksi lanjutan, lolos 40 nama. Kemudian, dewan juri, yakni Ketua Komnas Perempuan, Andy Yentriyani, Head of Programmes UN Women Indonesia, Dwi Yuliawati Faiz, Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (2020-2025), Kartika Sjahrir, Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, serta Menteri Kelautan dan Perikanan (2014-2019) Susi Pudjiastuti, mengerucutkan lagi menjadi 22 nama untuk dinilai.

Akhirnya terpilih delapan pemenang untuk tujuh kategori (kategori pendidikan ada dua pemenang, yakni lembaga dan perseorangan), kemudian masing-masing satu pemenang dari kategori lifetime inspiration, kategori people choice pilihan pembaca Beritasatu.com, dan people choice pilihan redaksi Beritasatu.com.

Berikut pemenang Inspiring Women 2022:


1. Kategori Kesehatan: Siti Sumiati (bidan di Kepulauan Seribu)

2. Kategori Pendidikan (Lembaga): Aisyiyah

3. Kategori Pendidikan (Perseorangan): Desi RM Ayu Putri (difabel/pemilik sekolah fashion di Surabaya)

4. Kategori Anti-Kekerasan Perempuan: LBH APIK Jakarta

5. Kategori Corporate Leader: Nurhayati Subakat (komisaris utama PT Paragon Technology and Innovation)

6. Kategori UMKM dan Pemberdayaan Ekonomi: Nani Zulminarni (founder Yayasan Pekka)

7. Kategori Teknologi: Premana Wardayanti Premadi (direktur Bosscha Observatory)

8. Kategori Politik dan Pemerintahan: Sri Mulyani (menteri keuangan)

9. Kategori Lifetime Inspiration: Eny Handayani (marketing director PT KSK Insurance Indonesia)

10. Kategori People Choice Pilihan Redaksi Beritasatu.com: FM Venusiana R (consumer service director PT Telkom Indonesia)

11. Kategori People Choice Pilihan Pembaca Beritasatu.com: Aisyiyah

Sumber: Beritasatu



scan for download