Berbagi Melalui Musik, ITB Jazz Gelar Konser Jazz Aula Timur 2022

Oleh Adi Permana

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.


BANDUNG, itb.ac.id – Salah satu unit budaya di ITB yang masih tergolong muda, yaitu ITB Jazz, sukses membawakan konser virtual bertajuk “Jazz Aula Timur 2022: Music Diaries” pada Jumat (29/4/2022). Konser ini digelar pada kanal Youtube mereka, ITB Jazz, dan berhasil memikat hati ratusan hingga ribuan penonton. Pada konser ini, terdapat penampilan dari 8 band, 1 bintang tamu, serta 1 penampilan kolektif sebagai penutup.

Sejak penyelenggaraan pertamanya pada tahun 2015, konser Jazz Aula Timur berperan sebagai wadah berkembang bagi para anggota unit ITB Jazz. Bukan hanya itu, rangkaian acara tahunan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah pengenalan musik jazz ke masyarakat umum. Tahun ini, konser yang sempat terhenti 1 tahun akibat pandemi ini juga membawa konsep charity, yang hasilnya akan didonasikan kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia.

“Sebenarnya konsep charity itu sengaja diadakan supaya JAT bukan hanya sebagai wadah berkembang bagi massa ITBJazz, tapi bisa juga sebagai fasilitas bagi para massa dan masyarakat luas untuk berbuat kebaikan,” ungkap Ariel Brandon dari Teknik Fisika 2020 selaku ketua pelaksana JAT tahun ini dalam wawancara pada Rabu (5/4/2022).

Ariel mengatakan, penyelenggaraan konser tahun ini sangat istimewa, karena dilangsungkan secara hybrid dengan pengambilan video on stage yang menjadi titik awal kegiatan unit secara luring di tahun 2022. Sayangnya, keadaan yang belum memungkinkan mengakibatkan konser tahun ini belum dapat dimeriahkan secara langsung oleh penikmat musik, sehingga belum ada interaksi secara aktif antara pemusik dan penonton. Meski begitu, Ariel berharap para penonton dapat menyukseskan JAT 2022 dengan ikut berdonasi sebagai bentuk interaksinya.

Selain mengusung konsep konser amal, JAT 2022 juga mengundang seorang bintang tamu, yaitu Anastasya Poetri, seorang penyanyi jazz local yang baru saja bergabung dengan Musiversal, sebuah label musik di Amerika. Konser yang membawakan lagu-lagu dari berbagai masa ini juga menyajikan penampilan lagu orisinil yang dikomposisi oleh ketua ITB Jazz periode 2021/2022, yaitu Kirana, yang berjudul ‘Mata Badai’.

Sebagai penutup, Ariel juga berharap JAT 2022 menjadi sarana perkembangan diri bagi para anggota ITB Jazz, sekaligus hiburan bagi semua kalangan dalam bentuk konser musik yang mulai kembali bermunculan belakangan ini.

Reporter: Luisa Carmel (FTI, 2021)


scan for download