Tutor Asrama ITB Mengajar Anak-Anak di Sekitar Sangkuriang

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Para tutor yang ada di Asrama ITB kembali menyelenggarakan acara Edukasi Pengabdian Masyarakat (Edupengmas), Sabtu (19/3/2022). Tutor Asrama ITB Mengajar” menyasar kapada anak-anak di Sekitar Asrama Sangkuriang ITB, Jl. Sangkuriang Dalam No.60/160A, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Acara bertema “Kembali Menyala” ini sudah tidak terlaksana dalam dua tahun terakhir. Mengingat pandemi yang mengalami penurunan kasus, acara ini akhirnya bisa dilaksanakan kembali.

Tergabung dalam rangkaian Edupengmas, acara ini juga diharapkan mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya rasa peduli melalui kegiatan pengabdian masyarakat. “Jadi di sini kegiatannya bertujuan untuk memberikan gambaran kepada individu bahwa pengabdian masyarakat bisa dilakukan di lingkungan terdekat dengan memanfaatkan status dan ilmu kita sebagai mahasiswa,” ujar Ilyas Bianto (SI’19) saat ditanyai beberapa waktu lalu.

Acara Kembali Menyala menghadirkan kurang lebih 40 orang anak. Angka partisipasi ini terbilang cukup ramai. Meskipun ramai, acara ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap segala komponen yang berpartisipasi dalam acara ini. Anak-anak yang hadir dalam kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok guna mencegah kerumuman.

Kegiatan diawali dengan memantau dan memandu anak-anak menaati protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan pembersih tangan, hingga pengecekan suhu masing-masing anak. Kemudian dilanjutkan dengan sesi berkelompok. Di sesi berkelompok ini anak-anak diberi edukasi terkait keprofesian. Setelah selesai, anak-anak mengikuti berbagai permainan seperti berhitung, dan sebagainya yang bisa dicerna oleh anak SD. Setelah selesai, acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, Ilyas, mewakili seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada segala komponen yang sudah berpartisipasi menyukseskan acara ini, termasuk Ditmawa ITB dan Direktorat Sarana Prasarana ITB yang sudah memberi izin. “Aku berdoa semoga kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat bahwa kegiatan pengabdian masyarakat bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun,” ujar Ilyas.

Reporter: Kevin Agriva Ginting (Teknik Geodesi dan Geomatika 2020)


scan for download