Peringati Hari Bumi 2022, Mahasiswa FITB Selenggarakan Aksi Bersih-Bersih Pantai hingga Ekspedisi Alam

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


GARUT, itb.ac.id –Memperingati Hari Bumi (earth day) tahun 2022, mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2021 menyelenggarakan aksi bersih-bersih pantai dan ekspedisi alam.

Mengusung tema “Climate Change”, aksi pembersihan sampah dilakukan di Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat. Aksi ini diselenggarakan pada Sabtu (16/4/2022) dan diikuti oleh 30 mahasiswa yang kerap disebut “Massa Bumi”.

“Bersih pantai ini sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang sesuai dengan tema yang kami angkat. Kami bekerja sama dengan pihak pantai untuk membersihkan sampah di area tersebut,” ungkap Andrew Ringgas Naoki Hutasoit (FITB 2021), Ketua Pelaksana Earth Day 2022. Selanjutnya, sampah yang telah dikumpulkan akan diserahkan kepada pihak pengelola pantai untuk dikelola lebih lanjut.

Acara lain yang tak kalah menarik yaitu ekspedisi alam. Dalam acara ini, mahasiswa dibagi menjadi tiga tim untuk mengunjungi berbagai destinasi alam, seperti Gunung Ciremai, Gunung Gede, dan Curug Bentang. Tak hanya sekadar berwisata alam, mereka juga mendokumentasikan kekayaan alam yang dikunjungi melalui pembuatan konten.

Selain kedua acara di atas, ternyata masih banyak rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Massa Bumi ini. Rangkaian dimulai dari segmen pra acara, berisi acara RADIASI (makrab Massa Bumi), Earth Hour, FITB Mengajar, kunjungan komunitas, dan juga dua acara yang sudah tertera di atas (bersih pantai dan ekspedisi alam). Selanjutnya, ada segmen main event atau puncak acara yang akan dilaksanakan tepat pada perayaan Hari Bumi Internasional.

Pada puncak acara ini, akan diselenggarakan sebuah online charity concert bernama Sound of Earth Day Fest (S.E.D Fest). Nantinya, dana hasil penggalangan dalam konser ini akan disumbangkan ke yayasan atau lembaga yang bergerak di bidang perubahan iklim. Untuk segmen terakhir, yakni hari H acara, akan diisi oleh pembekalan Massa Bumi dan kampanye mengenai krisis perubahan iklim.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Ringgas berharap dapat memberi inspirasi kepada semua orang untuk senantiasa memelihara bumi ini. “Semoga bisa menjadi inspirasi, baik itu buat sesama Massa Bumi, anak ITB, sampai teman-teman di luar ITB, agar kita bisa terus menjadi lebih baik dalam memberi dampak bagi masyarakat dan memelihara bumi kita, mulai dari hal kecil sampai besar,” tutupnya.

Sumber foto: Dokumentasi Panitia Earth Day 2022
Reporter: Margareta Vidya Riswanti (FTI, 2021)


scan for download