ITB Talks: Pembelajaran Tatap Muka dan Perkembangan Terkini Internal Kampus

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan acara ITB Talks dengan tema "Pembelajaran Tatap Muka dan Perkembangan Terkini Internal Kampus” pada Kamis (31/3/2022) dengan narasumber Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. Kegiatan tersebut diikuti Pimpinan ITB; Ir. Yani Panigoro, M.M. Ketua Majelis Wali Amanat, beserta anggota, Prof. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D. Ketua Senat Akademik, beserta anggota, selain itu dihadiri pula oleh dosen, perwakilan mahasiswa dan tenaga kependidikan ITB. Acara diselenggarakan secara virtual dan dimoderatori oleh Sekretaris Institut, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo.

Pada kesempatan pertama, pemaparan dibuka oleh Prof. Widjaja terkait dengan perkembangan PPKM di Kampus ITB dan sekitarnya. "Kondisi pandemi saat grafiknya sedang turun dan saat ini kita sedang berada pada PPKM Level 3, namun kita harus tetap waspada dan mematuhi prokes," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., menyampaikan mengenai konsep education 4.0. Menurut Prof. Jaka, di dalam Renstra ITB, pendidikan 4.0 mempunya ciri yaitu pembelajaran bebasis kolaboratif, active learner, luring-daring, dan hibrid/bauran (blended learning). “Untuk lebih memperkuat aspek education 4.0, salah satunya pembelajaran kolaboratif di samping itu kami juga menekankan kerja sama dan kelimuwan interdisiplin,” jelasnya.


Disusul oleh pemaparan dari Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. yang menyampaikan terkait amanah otonomi perguruan tinggi sesuai dengan Statuta ITB, Peraturan Presiden No. 65 tahun 2013. Amanah yang dimaksud Rektor adalah ITB sebagai perguruan tinggi negeri harus menjalankan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau.

Acara ditutup oleh doa bersama yang dipimpin oleh Puji Subakti, S.T. Tendik ITB, seraya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Keluarga Besar ITB selalu ada dalam lindungan dan bimbingan-Nya.


scan for download