Sosialisasi Beasiswa Studi di Taiwan oleh International Relation Office ITB dan Taiwan Education Center

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id – Biro Kemitraan, International Relation Office ITB bekerja sama dengan Taiwan Education Center memberikan sosialisasi serta informasi terkait beasiswa studi di Taiwan dalam acara online sharing session pada hari Senin (21/2/2022). Beasiswa ini dapat diikut sertai oleh mahasiswa S1, S2, dan S3.

Acara ini dibuka oleh Ketua Divisi Kemitraan Internasional, Biro Kemitraan ITB dan juga Dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, Andika Putra Pratama, M.S.M., Ph.D., serta pemaparan materi dilaksanakan oleh Tirta Amerta dan Ibu Lia Citania dari Taiwan Education Center (TEC) Indonesia.

Sesi pemaparan dimulai dengan penjelasan tentang Taiwan Education Center Indonesia. “Taiwan Education Center Indonesia merupakan perwakilan resmi Kementerian Pendidikan Taiwan dan Divisi Pendidikan TETO. TEC bertugas untuk memberikan informasi seputar pendidikan serta beasiswa pendidikan untuk pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan studi di Taiwan,” jelas Tirta.

Taiwan merupakan salah satu pilihan destinasi terbaik untuk menempuh pendidikan, terutama di Asia. Taiwan memiliki berbagai keunggulan seperti fasilitas akademik dan riset yang setara dengan Amerika Serikat dan Eropa, lalu memiliki biaya hidup yang terjangkau, menyediakan banyak kesempatan beasiswa, memiliki peluang dan lapangan kerja yang luas, serta banyak menyediakan makanan halal. Bukan hanya itu, Taiwan juga menjadi salah satu negara paling aman di dunia dan menjadi salah satu negara terbaik dalam penanganan kasus COVID-19.

Selain itu, fasilitas terkait akomodasi untuk para pelajar mancanegara di Taiwan juga lengkap. Mulai dari asrama pelajar, transportasi umum yang cepat, nyaman, dan foreigner friendly, serta rumah ibadah untuk berbagai agama juga tersedia di Taiwan secara lengkap. “Dengan memanfaatkan berbagai fasilitas umum tersebut, biaya hidup selama di Taiwan dapat menjadi jauh lebih hemat,” jelas Lia.

Taiwan juga bukan negara yang asing dari tahun ke tahun untuk para mahasiswa Indonesia. Tercatat bahwa Indonesia menjadi negara dengan mahasiswa asing terbanyak ke 4 di Taiwan pada tahun 2019 dengan total 13.907 mahasiswa. Jurusan yang paling banyak diambil oleh mahasiswa Indonesia adalah Teknik, Administrasi dan Bisnis, Bahasa Mandarin, dan Pariwisata. Maka dari itu, tidaklah sulit untuk mencari sesama teman dari Indonesia ketika berkuliah di Taiwan. Selain itu, studi di Taiwan juga memberikan berbagai pengalaman di luar akademik. “Mulai dari relasi dengan profesor, pendanaan konferensi internasional, mendapat relasi dengan banyak mahasiswa dari berbagai negara, serta cultural exchange,” ungkap Tirta.

Dijelaskan juga terkait mekanisme pembelajaran tatap muka di Taiwan pada masa pandemi COVID-19 ini. “Pemakaian masker di tempat umum, tak terkecuali kampus diwajibkan. Selain itu juga diwajibkan menjalani karantina selama 14 hari dan 7 hari self health management,” jelas Lia.

Selain itu pengajuan visa studi dapat dilakukan jika sudah mendapatkan izin dari Ministry of Education dan International Office Universitas di Taiwan. Sementara, terkait pendaftaran universitas dilakukan secara daring yang dibuka pada bulan Februari hingga Maret untuk Fall Semester dan juga dibuka pada bulan September hingga Oktober untuk Spring Semester.

Untuk melaksanakan pendaftaran kuliah di Taiwan, diperlukan 7 persyaratan umum. “Diperlukan 1 hingga 3 surat rekomendasi dari academic advisor atau dosen dari kampus asal anda di Indonesia, paspor, ijazah dan transkrip nilai dalam Bahasa Inggris, skor TOEFL dengan minimal nilai 450, sertifikat kemampuan bahasa Mandarin dengan minimal level B1, CV, study plan, dan financial statement,” pungkas Tirta. Selain itu juga disampaikan bahwa tidak ada minimal IPK untuk mendaftar program ini, namun IPK juga akan berpengaruh dalam proses seleksi.

Terakhir, dijelaskan berbagai jenis dan penyedia beasiswa studi di Taiwan. Mulai dari Huayu Enrichment Scholarship dan Ministry of Education Taiwan Scholarship untuk jenjang S1, S2, dan S3. Lalu ada Taiwan ICDF Scholarship untuk jenjang S2 dan S3. Serta Taiwan International Graduate Program Scholarship untuk jenjang S3. Semua beasiswa yang tertera selain Taiwan International Graduate program tersedia untuk semua jurusan kuliah. Informasi lengkap dapat diakses pada laman studiditaiwan.blogspot.com.

Reporter: Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)


scan for download